Cerita Porter: Melayani Solo Hiking Pendakian Gunung Sindoro via Alang Alang Sewu

 Porter Gunung Sindoro via Alang Alang Sewu

Di libur lebaran tahun 2024 kami mendapat kepercayaan untuk mendampingi pendakian Gunung Sindoro via Alang Alang Sewu bersama tamu dari Cinere Jakarta yang mendaki seorang diri.

Selain melayani jasa porter Gunung Sindoro dari semua jalur pendakian termasuk Alang Sewu, kami juga melayani antar jemput dari stasiun dan terminal

Porter dan Antar Jemput Terminal Mendolo

Di malam hari beliau berangkat dari Jakarta tepatnya Terminal Lebak Bulus untuk menuju Terminal Mendolo 

Jam 5 pagi kami bertemu di Terminal Mendolo lalu setelah sarapan kami melanjutkan perjalanan untuk menuju Pasar Kertek guna berbelanja logistik. Selesai membeli logistik perjalanan kami lanjutkan menuju Basecamp Alang Alang Sewu

Sampai Basecamp kami istirahat sejenak sambil menunggu layanan regis di buka pada Jam 07.00 setelahnya kami melakukan registrasi lalu packing. Dan tidak lupa ambil foto di depan Basecamp 

Jam setengah sembilan kami mulai pendakian dengan menaiki ojek sampai Pintu Rimba. Setelah kami berhenti sebentar untuk berdoa sebelum masuk hutan.

Jam 8.40 kami melanjutkan perjalanan menuju Pos 1 (Puteran) dengan melewati track tanah berundak sering kali berpapasan dengan penduduk lokal yang mengambil rumput. Ya memang penduduk setempat melakukan kerja sama dengan perhutani untuk pemanfaatan lahan, dengan di tanami rumput sebagai pakan ternak.

Jam 9.01 kami sampai Pos 1 istirahat sebentar lalu melanjutkan perjalanan 31 Menit kemudian kita sampai di pos pengambilan Air  Dua Bidadari. Tepatnya di Jam 9.33. 

Lanjut perjalanan menuju pos 2 sampai Patok 9 istirahat sejenak untuk menghadapi tanjakan ke pos 2 dan jam 10.17 kami sampai di Pos 2 (Mbaon). kalau di hitung dari pos 1 ke pos 2 itu 1 Jam 16 Menit. 

 Kami berjalan lagi menuju pos 3 (Sunrise Hunter) masih dengan semangat yang sama sampai akhirnya sampai Pos 3 pada jam 11.33 total perjalanan Pos 2 - Pos 3 total perjalanan Pos 2 - Pos 3  adalah 1 Jam 16 Menit.

Lalu memilih tempat camp yang cukup rata kemudian mulai mendirikan tenda bersama gerimis yang mulai turun, beruntung ketika hujan mulai membesar tenda sudah berdiri dan siap pakai. Selanjutnya kami makan siang dan minum teh hangat.

Sambil sesekali melihat pemandangan saat hujan sudah reda.

Selain melayani jasa porter Gunung Sindoro dari semua jalur pendakian termasuk Alang Sewu, kami juga melayani antar jemput dari stasiun dan terminal

Jam 17.30 kami sebagai porter mulai memasak untuk persiapan makan malam menu kali ini tamu yang memilih berupa sayur sop yang bahan-bahannya kami beli di pasar Kertek pada pagi hari. Di tambah dengan ayam goreng. Setelahnya minum teh hangat dan istirahat karena rencana jam 02.00 dini hari sudah mulai start summit.

Acara summit start Jam 2 tidak hanya wacana soalnya Jam 1 kami sudah bangun terus mempersiapkan makanan dan minuman hangat sebelum melakukan summit selain itu juga menyiapkan kompor teko gas gelas dan teh dan kopi tidak lain untuk mewujudkan rencana menikmati sunrise sambil di temani secangkir kopi hangat.

Jam 02 pun kami berjalan menyusuri jalanan sepi membelah rumput basah yang ada di awal track menuju summit Sindoro.

Perjalanan pertama dari sunrise Camp menuju Pos 4 (Labyrint Stone) selama 50 Menit. lalu di lanjutkan ke puncak dengan melewati vegetasi terbuka setelah berjalan selama 1,53 jam akhirnya sampai di Puncak Gunung Sindoro yang bernama Puncak Latar Ombo dan kami adalah orang pertama di hari itu yang mencapai di sana karena saat sampai kondisi masih gelap.

Selain melayani jasa porter Gunung Sindoro dari semua jalur pendakian termasuk Alang Sewu, kami juga melayani antar jemput dari stasiun dan terminal

Setelah foto dan menikmati pemandangan sunrise sambil minum hangat sekitar jam 06.00 kami turun dan Jam 08.00 sampai di Sunrise Hunter kami lanjutkan sarapan dengan menu nasi ayam dan telur rebus pada Jam 9 pagi tamu turun dan kami membersihkan peralatan dan membongkar tenda dan packing. Tamu memang kami sarankan turun terlebih dahulu karena cuaca pas musim hujan dan agar tiba di Basecamp sesegera mungkin. Setelahnya kami mengantar tamu ke Terminal Mendolo untuk hunting tiket kembali ke Jakarta dan beruntung karena masih sisa 3 seat yang jurusan Lebak bulus.

Setelah mendapatkan tiket sambil menunggu keberangkatan bus kami menyempatkan diri untuk makan terlebih dahulu. Sampai akirnya bus yang menuju Lebak Bulus berangkat kami pun berpisah. Tamu pun mengatakan nanti untuk pendakian berikutnya akan menggunakan jasa kami kembali. Terimakasih

Salam Mlampah Salam Lestari.


Layanan Pendakian Gunung Sindoro




Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call