Porter Gunung Merbabu Via Wekas - Jalur Pendek dan Banyak Sumber Air

Porter Gunung Merbabu Via Wekas

Porter Gunung Merbabu Via Wekas, Pakis, Magelang keterangan kondisi jalur dari Basecamp sampai puncak dan informasi harga porter dan guide Merbabu.

Porter Gunung Merbabu Via Wekas - Basecamp Wekas sendiri terkenal dengan track pendek dan terdapat sumber mata air dan berada di sisi utara Merbabu, sebagaimana Gunung Merbabu memiliki beberapa jalur resmi berupa Jalur Wekas, Thekelan, Suwanting, Selo dan Cuntel. ketika di tanya jalur mana yang paling indah? susah untuk menjawabnya karena Setiap jalur memiliki ciri khas dan keindahan masing-masing. pastinya Merbabu menjadi Wish list untuk para pndaki.


Porter Gunung Merbabu Via Wekas

Jalur Wekas berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jika Ditempuh dari kota Jogjakarta sekitar 2 Jam perjalanan dan dari Magelang sebagai kota terdekat sekitar 1 Jam. Basecamp wekas dapat di akses dengan kendaraan pribadi melewati jalan raya  Magelang-Salatiga dan pas di pertigaan wekas kita belok kanan dan naik menuju desa wekas, basecamp wekas juga termasuk dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Merbabu 

Fasilitas Basecamp

Kebutuhan sebelum pendakian berupa sarana yang dibutuhkan sebelum dan sesudah pendakian seperti toilet, tempat parkir, aula / ruang serba guna, kantin dengan menu fast food tersedia di Basecamp Wekas ini.

Karena berada di sisi utara Gunung Merbabu pendakian Via Wekas ini memkiliki keunikan berupa pemandangn  Jajaran gunung seperti Andong, Telomoyo, Sindoro, Kembang, Sumbing dan Prau menjadi pemandangan yang  terlihat jelas saat proses pendakian.

Kebutuhan jasa

Harga Porter Gunung Merbabu via Wekas dengan beban maksimal 20 Kg

Porter Drop (hanya naik) Rp 450.000

Porter Stay ( Menginap)   Rp.800.000

Porter Summit                  Rp.1.000.000

Selengkapnya    👉 Porter Gunung Merbabu
                           ðŸ‘‰ Guide Gunung Merbabu

Porter Plus Berupa Paket Trip Gunung Merbabu
👉 Porter Gunung Merbabu
👉 Guide Gunung Merbabu

Medan Pendakian dan Estimasi Waktu

Basecamp ➡ Pos1 

Pendakian diawali dengan melewati rumah warga di susul lahan pertanian dengan kondisi track yang menanjak, di medan ini masih bisa mengguakan jasa ojek sebagai opsi perjalanan untuk mempersingkat waktu serta menghemat tenaga sehingga Sobat Mlampah sampai di Merbabu Pass.

Guide Gunung Merbabu

Merbabu Pass merupakan tempat menikmati keindahan pemandanga berupa gunung gunung yang ada di sisi Utara Merbabu. Dari Merbabu Pass perjalanan di lanjutkan dengan jalan kaki melewati track tanah yang menanjak dan melewati pos Bayangan 1, Berjalan sekitar 1 Jam  sampailah Sobat Mlampah di ketinggian 2117 MDPL atau Pos 1, yang terdapat saung atau shelter untuk sekedar istirahat dan Pos 1 ini namanya Telaga Arum.

Guide Gunung Merbabu

Pos 1 ➡ Pos 2 

Jalur menuju Pos 2 masih seperti sebelumnya didominasi trek tanah menanjak dengan vegetasi yang masih relatif tertutup, juga sebagian berkelok menanjak tajam.  dari pos 1 menuju pos 2 melewati rentang jarak sekitar 684 meter dengan estimasi waktu 60 menit. tanda tanda mendekati pos 2 adalah jalan landai sepanjang sekitar 300 meter dengan vegetasi yang mulai terbuka.

Guide Gunung Merbabu

  Hingga sampailah Sobat Mlampah di Pos 2 yang merupakan tempat yang direkomendasikan untuk camping selain terdapat mata air juga terdapat tempat yang cukup luas dan minim resiko badai, akan tetapi tentu track summit di esok harinya masih lebih jauh di banding camp di pos 3.

Pos 2 ➡ Pos 3

Selanjutnya dari Pos 2 menuju Pos 3 kondisi vegetasi sudah mulai terbuka melewati trek tanah bercampur batu dengan durasi 20 menit estimasi waktu selama 13 menit dan panjang truknya itu 120 3 m di pos 3 ini juga terdapat tempat untuk mendirikan tenda walaupun tak seluas di pos 2 akan tetapi karena lokasinya yang sudah cukup terbuka jadinya jika terjadi cuaca dengan angin kencang itu sangat beresiko untuk langsung terkena badai

Harga Guide Gunung Merbabu

Berjalan setengah jam dari Pos 3 akan sampai tugu perbatasan yang merupakan tanda pembatas wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyo lali Semarang di situ juga Sobat Mlampah akan mendapati pertemuan jalur Wekas dan Thekelan 

Guide Gunung Merbabu

Porter Gunung Merbabu

Dekat dari tugu perbatasan ini terdapat tempat mengambil air yang sudah di permudah dengan adanya pipa. Tempat tersebut juga merupakan jalur percabangan yang sama sama langsung tembus ke puncak. lewat jalur pengambilan air (belok kaan) akan langsung tembus ke puncak Kenteng Songo tetapi kurang rekomended untuk naik karena keterjalanya, dan belok ke kiri akan melewati puncak percabangan antara Kenteng Songo dan Puncak Syarif.
Dari tugu perbatasan ke puncak Geger Sapi (Puncak ke 3 dari 7 Puncak Merbabu) melewati track bebatuan yang sangat terjal bahkan sesaat sebelum Geger Sapi harus melewati tanjakan yang tersedia tali untuk membantu mengatasi keterjalanya.

Harga Porter Gunung Merbabu

Naik lagi ke atas Sobat Mlampah akan mendapati track yang bernama Jembatan Setan yang sesuai namanya track tersebut cukup menyeramkan, bagaimana tidak karena melintasi tebing bebatuan untungnya sudah di kasih pegangan berupa tali besi (seling) jadi sangat membantu memudahkan dan mengamankan meskipun di medan ini harus sangat ekstra hati hati melwatinya, berjalan 1,5 jam 

Harga Porter Gunung Merbabu

Naik dari Jembatan Setan Sobat Mlampah akan bertemu persimpangan yang ke arah kiri menuju puncak Syafira dan yang ke Kana menuju Puncak Kenteng Songo Kebanyakan pendaki langsung ke Kenteng Songo sebagai puncak prioritas 

harga Guide Gunung Merbabu

Dari 3 Puncak utama Gunung Merbabu yaitu Puncak Kenteng Songo, Puncak Triangulasi, dan Puncak Syarif, Sobat Mlampah bisa menyaksikan Sabana hijau yang sangat luas juga beberapa puncak gunung di antaranya Sumbing, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sindoro, Kembang, Prau, Merapi dan Lawu.

Demikian ulasan kami tentang Gunung Merbabu via Wekas

Salam Mlampah Salam Lestari


More Info:




Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call