Porter Gunung Merbabu via Selo - Eloknya 2 Sabana

Porter Gunung Merbabu via Selo

Porter Gunung Merbabu Via Selo informasi Jasa dan jalur Merbabu Via Selo kondisi track panjang track dan estimasi waktu. pendakian.

Porter Gunung Merbabu via Selo membantu Anda untuk mencapai puncak Gunung Merbabu dengan ketinggian 3142 MDPL salah satu jalur pendakianya adalah Selo yang Basecampnya berada di ketinggian sekitar 1836 MDPL. Antara Basecamp dan puncak selisih elevasinya 1.306 Meter dengan estimasi waktu tempuh 8 Jam 15 Menit. Jalur Selo  merupakan Jalur Merbabu yang cukup favorit.

Porter Gunung Mebabu Via Selo

Porter Gunung Merbabu merupakan layanan jasa yang sangat bermanfaat untuk meringankan dan memudahkan pendakian Anda. berikut rincian harganya

Porter Naik (Drop)Rp.500.000,-
Porter MenginapRp.800.000,-
Porter SummitRp.950.000,-

Info detail 👉 Porter Gunung Merbabu
Baca Juga       ☞. Porter Gunung Sumbing
                       ☞. Porter Gunung Sindoro
                       ☞. Porter Gunung  Prau

Basecamp Selo

Jalur Selo berada di Dusun Genting Taru Batang Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, dusun tersebut berada tepat di kaki Gunung Merbabu. selain terdapat kantor Resort Taman Nasional Gunung Merbabu juga terdapat banyak  Basecamp yang biasa di gunakan untuk para pendaki, perlu Sobat Mlampah ketahui bahwa sistem Basecamp di Selo ini menempati rumah rumah warga lokal sehingga banyak Baseamp di sana, seperti Basecamp Kang Ari, Basecamp Pak Bari, Pak Parman Basecamp Kang Tisna dan banyak lagi lainya. Yang setiap Basecamp terdapat fasilitas standart seperti kamar mandi tempat istirahat tempat charger kantin dan lain-lain.

Akses Transportasi

Stasiun terdekat

Stasiun Balapan solo Berjarak sekitar 57 KM 
Stasiun Solojebres Berjarak sekitar 59 KM
Stasiun Solo kota  Berjarak sekitar 60 KM
dengan kisaran waktu tempuh 1,5 Jam - 2 Jam (tanpa tol)

Bandara Terdekat

YIA - Jogjakarta Berjarak 89 KM Waktu Tempuh 2,5 - 3 Jam.
A. Yani - Semarang Berjarak sekitar 85 KM (dengan tol) waktu tempuh 2,5 - 3 Jam

Exit Tol Terdekat

Gerbang Tol Tingkir berjarak sekitar 25 KM Estimaasi waktu tempuh1 Jam

Terminal Terdekat

Terminal Kota Boyolali

INFO PENTING!!!  buat sobat yang menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan panduan Google Maps yang ambil arah dari Boyo Lali sebaiknya jangan langsung memasukan keyword Basecamp Selo karena biasanya akan di pandu melewati tanjakan yang cukup ekstrim. lebih baik menuju ke Simpang Selo sebelah Polsek Selo terlebih dahulu baru naik ke Basecamp.

Baca Juga ☞. Gunung Merbabu Via Thekelan

Memasuki Dusun Genting Sobat Mlampah akan di sambut Gerbang Dusun yang ada patung salah satu punakawan dalam cerita pewayangan yaitu patung Semar yang berada di sebelah kanan dan kiri jalan. Setelah itu sobat Mlampah mendapati portal untuk membayar registrasi atau tiket masuk desa, barulah sobat sampai di Dusun Genting (Basecamp Selo) dan di persilakan mau singgah di basecamp.       Bagi Sobat Mlampah yang membawa kendaraan pribadi jangan khawatir perihal tempat parkir karena sepanjang jalan di sana biasanya di manfaatkan sebagai tempat parkir selain itu ada juga yang secara khusus di beberapa Basecamp menyiapkan tempat parkir.

Sebelum melakukan pendakian jauh hari Sobat Mlampah harus mempersiapkan segala sesuatunya termasuk simaksi di Taman Nasional Gunung Merbabu, sobat Mlampah wajib mendaftar secara online melalui website resminya di www.tngunungmerbabu.org, setelah selesai akan mendapatkan kode boking. Sobat sebelum pendakian bisa simaksi dengan menunjukkan kode boking yang Sobat miliki, setelah sobat melakukan chek barang bawaan dan meninggalkan identitas salah satu tim pendakian untuk selanjutnya besok harinya di ambil setelah chek sampah. perihal sampah Sobat Mlampah harus hati hati dan teliti karena sampahnya harus sesuai dengan barang yang di bawa naik. jika tidak sesuai akan di berlakukan denda yang bertujuan sebagai edukasi. setelah semuanya selesai baru sobat mulai pendakian jangan lupa berdoa dulu ya...

Baca Juga ☞. Gunung Merbabu Via Wekas


Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Basecamp ➡Pos 1

Perjalanan di awali dari Basecamp menuju Pos 1 (Dok Malang) dengan melewati track tanah berupa vegetasi yang masih tertutup dengan medan landai hingga tanjakan sedang, jarak dari Basecamp - Pos 1 kurang leebih 1.770 Meter estimasi waktu 1,5 Jam.

Pos 1 - Simpang Macan

   Pos 1 Berada di ketinggian sekitar 2.189 MDPL. Menuju Simpang Macan di awali track landai kemudian mulai menanjak sehingga sobat Mlampah akan bertemu tanjakan yang cukup terjal hingga sampailah sobat di Pos Bayangan Simpang Macan. Total jarak sekitar 568 Meter estimasi waktu 45 Menit.

Baca Juga ☞.Gunung Merbabu Via Cuntel

Simpang Macan - Pos 2

Track berupa tanah dengan tanjakan sedang hingga berat bahkan di bebrapa spot ada track yang di pasangi tali webing untuk pegangan dan mempermudah pendakian, kondisi vegetasi masih tertutup rimbunya pohon. Estimasi waktu tempu 40 Menit berjarak 421 Meter.

Pos 2 ➡ Pos 3

Selanjutnya Sobat Mlampah akan menempuh jarak 603 Meter akan melewati kondisi track yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya akan tetapi track Pos 2 ke Pos 3 sudah mulai terbuka dengan perkiraan waktu sekitar 35 Menit.

Pos 3 ➡ Pos 4

Guide Gunung Merbabu

Sampai di Pos 3 (Batu Tulis) Sobat sudah berada di ketinggian sekitar 2593 MDPL. Dari Pos 3 ke Pos 4 (Sabana 1) Sobat akan melewati tanjakan yang cukup melelahkan karena keterjalanya, medan masih berupa tanah, berjarak 648 Meter dengan durasi tempuh kurang lebih 1 Jam. Pos 4 merupakan tempat yang di rekomendasikan untuk mendirikan tenda selain itu juga terdapat spot sunset yang cukup ciamik tempat camping selain di Sabana 1 terdapat juga di Pos 5  (Sabana 2) akan tetapi di Pos 4 (2770 MDPL) lebih direkomendasikan karena selain tempatnya yang luas juga resiko badai lebih minim.

Pos 4 ➡ Pos 5

Selanjutnya Sobat Mlampah berjalan dari Pos 4 Merbabu via Selo (Sabana 1) menuju Pos 5 (Sabana 2) "Biasanya dini hari untuk Summit Attack" Yang berada di ketinggian 2856 MDPL dengan melewati tanah berpasir yang kondisi yang sudah cukup terjal jarak dari Pos 4 ke Pos 5 jauhnya sekitar 323 Meter dengan perkiraan waktu tempuh 30 menit di Pos 5 juga terdapat tempat camping jadinya bisa menjadi pilihan untuk mendirikan tenda biasanya di Pos 5  ini orang yang camping tidak terlalu banyak seperti di Pos Sabana 1

Pos 5➡Pos 6

Seterusnya dari Pos 5 Selo (2.856) MDPLmenuju ke Pos 6 yang bernama Watu Lumpang track kian menanjak dengan vegetasi yang terbuka pemandangannya pun kian indah gagahnya Gunung Merapi masih mendominasi perjalanan dari Pos 3 sampai puncak Gunung Merbabu. selain bunga Edelweiss. Setelah sekiktar setengah Jam perjalanan sampailah di Pos 6.

Baca Juga ☞. Gunung Merbabu Via Thekelan


Pos 6 ➡ Puncak

Lalu pendakian menuju Puncak Merbabu, Pos 6 ke Puncak merupakan etape terakhir kondisi track tidak jauh berbeda dengan sebelumnya dan tanjakan terjal pun menjadi santapan utama perjalanan menuju puncak  dengan estimasi waktu 1 Jam, lalu sampailah Sobat Mlampah di puncak Gunung Merbabu

Puncak 3142 MDPL

Porter Gunung Merbabu

 Gunung Merbabu terkenal dengan 3 Puncak utamanya yaitu Puncak Triangulasi, Puncak Kenteng Songo dan Puncak Syarif untuk pendaki yang menggunakan jalur Selo kebanyakan mereka hanya sampai 2 puncaknya yaitu Puncak Triangulasi dan Puncak Kenteng Songo dari di puncak jika sobat memutar badan berkeliling sobat akan melihat Gunung Merapi Lawu, Andong, Telomoyo, Prau, Sindoro, Kembang, Sumbing, Ungaran dan gunung lainya jika cuaca cerah selain itu sobat juga bisa memandang Sabana luas dengan background Gunung Merapi.

Ringkasan Jarak dan Waktu.

LokasiJarakWaktu
Basecamp -Pos 11.170 M90 Menit
Pos 1- Simpang Macan568 M45 Menit
Simpang Macan - Pos 2421 M40 Menit
Pos 2 - Pos 3603 M35 Menit
Pos 3 - Pos 4648 M60 Menit
Pos 4 - Pos 5323 M30 Menit
Pos 5 - Puncak916 M90 Menit
TOTAL5,63 KM8Jam 15 Menit
sumber TNGB

Salam Mlampah Salam Lestari.

Informasi Kebutuhan Jasa



Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call