Blumbang Roto - Guide Gunung Sumbing

 Blumbang Roto Hidden Gem

Di Jalur Pendakian Gunung Sumbing   dengan ketinggian 3371 MDPL Via Adipuro, ada spot menarik bernama Blumbang Roto, yang mendapat julukan hidden gem.

Surga Tersembunyi Di Lereng Sumbing

      Adalah di Dusun Prampelan Desa Adipuro Kecamatan Kali Angkrik sebuah lanskap pemandangan di lereng Gunung Sumbing, yaitu Gunung volcano aktif dengan ketinggian 3371 MDPL, sebuah tempat yang di beri nama Blumbang Roto ketika orang pertama mendengar namanya dan belum pernah mengunjungi nya tentunya dari nama tempat juga kondisi aslinya tidak sesuai dengan nama yang ada karena Blumbang Roto atau dalam bahasa Indonesianya itu artinya kolam yang rata, akan tetapi ketika kita sampai tempatnya kita tidak mendapati air yang banyak seperti gambaran sebuah kolam. Meski begitu pemandanganya tak mengecewakan karena pemandangan landskap lahan pertanian yang berpadu dengan gagahnya Gunung Sumbing yang terlihat utuh dari kaki gunungnya sampai puncaknya. 

  Blumbang Roto menjadi salah satu tempat yang sedang trend di kabupaten Magelang banyak sekali akun akun Medsos yang menguploadnya sehingga dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama sudah viral, banyak wisatawan yang mengunjunginya terlebih di hari Sabtu dan Minggu. Selain melihat keindahan alamnya kita juga acap kali berpapasan dengan para petani setempat yang bercocok tanam, komoditas pertanian di lahan sekitar di antaranya Kentang, Ketela, Sawi, Kubis dan daun bawang.

   Lokasi nya juga tidak terlalu jauh dari Nepal Van Java jika kita lalui jalan setapak (bisa di lalui motor) kita bisa melihat sekaligus antara dusun Butuh desa temanggung yang terkenal dengan Nepal Van Java juga pemandangan Gunung Sumbing khas Blumbang Roto 

Di Jalur Pendakian Gunung Sumbing   dengan ketinggian 3371 MDPL Via Adipuro, ada spot menarik bernama Blumbang Roto, yang mendapat julukan hidden gem.
Dusun Butuh Nepal Van Java terlihat dari sisi Blumbang Roto

  Tempat ini mempunyai julukan hidden gem karena, karena belum banyak orang yang mengunjunginya dan seperti belum terjamah.

   Sarana penunjang seperti Warung Makan, Tempat Parkir, Toilet dll sampai tulisan ini kami tulis (9/11/2023), belum tersedia bahkan belum ada penarikan tiket secara khusus. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena lokasi Blumbang Roto dengan dusun Prampelan sebagai dusun terdekat itu tidak terlalu jauh. Selain keindahan alamnya Anda juga akan mendapati keramahan penduduk lokal nya. Selain itu juga sedang ada proses perbaikan jalan begitu Anda keluar dari jalan aspal, Anda akan masuk jalan paving meskipun baru beberapa meter, sehabis itu Anda akan memasuki jalan makadam (jalan batu yang tersusun rapi). di situ Anda juga akan mendapati tukang ojek yang membawa penumpang dengan tas tas besar, ya karena di situ juga menjadi jalur ojek pendakian Gunung Sumbing Via Adipuro.

  Tips berkunjung 

Ada beberapa hal yang perlu di perlu di perhatikan sebelum dan di saat berkunjung ke Blumbang Roto. Diantaranya sebagai berikut:

1.kendaraaan.

Pastikan kondisi kendaraan Anda prima karena jalan menuju ke blumbang Roto kebanyakan menanjak dan menikung neginga letaknya di ketinggian

2.waktu.

Waktu yang baik untuk berkunjung adalah di pagi hari karena saat matahari pagi berpadu dengan indahnya alam akan lebih berkesan bagi Anda. Untuk itu Anda bisa menginap di penginapan Desa Adipuro atau Anda bisa camping, karena tak jauh dari situ ada tempak camping yang terletak diantara pepohonan

Di Jalur Pendakian Gunung Sumbing   dengan ketinggian 3371 MDPL Via Adipuro, ada spot menarik bernama Blumbang Roto, yang mendapat julukan hidden gem.
Tempat yang bisa untuk bercamping.

Membawa makanan dan minimun

Jangan lupa membawa makanan dan minuman karena belum tentu ada orang jualan.

3.Alat Dokumentasi.

Siapkan juga alat dokumentasi untuk mengabadikan moment tersebut.


Di Jalur Pendakian Gunung Sumbing   dengan ketinggian 3371 MDPL Via Adipuro, ada spot menarik bernama Blumbang Roto, yang mendapat julukan hidden gem.
Jalan makadam di Blumbang Roto

Singkatnya dengan berwisata di Blumbang Roto ini Anda akan mendapatkan udara khas peggunungan yang segar, keindahan pemandangan alam yang menakjubkan dan ramah tamah penduduk lokal khas warga desa.

Paket Wisata dan Guide Gunung Sumbing

Anda juga biasa sekali jalan dengan menggunakan kendaraan jep untuk menikmati wisata Nepal Van Java, Desa Wisata Suko Makmur, Bukit Silancur juga ada beberapa opsi tempat lain di wisata lereng Gunung Sumbing. juga dapatkan nilai Plus dari Traveling Anda dengan menggunakan jasa Guide Gunung Sumbing.

Untuk Info selengkapnya silakan hubungi kami

Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call