9 Tips Sebelum Naik Gunung - Porter Gunung

Pendakian Gunung


Hawa sejuk di gunung hamparan luas yang hijau adalah salah satu alasan orang naik gunung di sela sela kesibukan pekerjaan dan segala kegiatan. Ketenangan adalah bayaran dari lelah tenaga saat naik gunung. Meski demikian kegiatan naik gunung tidak boleh di lakukan dengan asal. Karena alasan keselamatan adalah proiritas maka persiapan harus optimal. 

7 Tips Sebelum Pendakian

 1.Persiapan Fisik 

Sudah menjadi hal yang maklum bahwa mendaki gunung adalah kegiatan yamng mengeluarkan banyak tenaga. Selain jalan kaki yang yang cukup jauh juga berat barang bawaan yang menjadi beban. Jadinya di perlukan stamina yang cukup untuk melakukanya. Alangkah baiknya sebelum melakukan pendakian Sobat Mlampah untuk berolah raga terlebih dahulu, tentunya memang baiknya di lakukan secara rutin olah raga tersebut untuk menjaga kesehatan dan kebugaran terlebih ketika akan mendaki gunung. Baca Juga ☞.  Olah raga sebelum mendaki

 2.Persiapan Mental.

Mental bisa menjadi penguat fisik, fisik juga bisa menuatkan mental. Itulah kenapa kedua hal tersebut saling berkaitan. Banyak hal yang bersifat emosional saat pendakian yang membutuhkan penataan mental yng baik. Di antaranya Mental melawan rasa putus asa, mental menjaga rasa gotong royong dan kebersamaan. Saling peduli bukan saling membuli.

 3.Persipan Alat.

Perlatan pendakian mutlak wajib komplit minimal dasar standart savety seperti tenda, matras, sleping bag alat masak makan dan minum, peralatan gunung terbagi menjadi dua ada yang  bersifat tim dan pribadi. Peralatan tim adalah peralatan yang bisa di pakai bersama seperti tenda dan alat masak, adapun yang pribadi adalah yang harus di bawa oleh setiap individu seperi Slepping bag, matras, pakian ganti, headlamp dll. Cek peralatan sebelum berangkat pastikan semua dapat berfungsi dengan baik Seuaikan jumlah nya dengan jumlah tim yang berangkat.
Baca Juga ☞. Rental Alat Outdoor

 4.Persiapan Logistik

      Istilah Logistik populer dikalangan pendaki sebagai makanan. Jumlahnya juga harus disesuaikan dengan jumlah orang dalam satu tim, dan jangan lupa juga terhadap keseimbangn kandungan gizi.

 5. Informasi  Dan Regsitrasi

Referensi di perlukan untuk acuan perjalanan seperti akses trasnportasi Basecamp dan sarananya, di era sekarang informasi sangat mudah di dapatkan dengan sarana perkembangan technologi. selain itu juga sistem pendaftaran yang beda gunung beda cara, ada yang harus booking online dulu dan ada yang bisa langsung di Basecamp.
Baca Juga ☞. Transportasi 

 6. Proses Aklimatisasi 

Sobat Mlampah mungkin pernah mengalami.baru sekitar setengah sampai 1 jam mendaki gunung akan tetapi merasa pusing atau muntah kadang sampai vertigo juga itu terjadi karena kurangnya suplai oksigen ke Otak, Salah satu penyebabnya karena proses penyesuaian udara belum selesai. Jadi Sobat Mlampah ketika sampai basecamp harus istirahat minimal 2 jam untuk .proses penyesuaian udara tersebut, jangan baru saka sampai langsung melakukan pendakikan.

7.Memahami Peraturan 

Peraturan di buat untuk dampak positif demi kebaikan para pendaki dan stake holder juga untuk keseimbangan harmoni alam, sudah menjadi keharusan untuk mentaatinya, peraturan ada yang bersifat umum dan kearifan lokal setiap Basecamp pendakian.

8.Packing Dan Pembagian Beban

Kenapa barang barang yang akan di bawa harus di packing dengan benar? yang pertama harus mempertimbangan musim jika musim hujan maka yang harus di lakukan adalah packing basah yaitu barang yang rentan basah seperti Slepping Bag dan baju ganti sebelum masuk Carrier Bag baiknya di masukan plastik terlebih dahulu. dan yang selanjutnya menaruh barang sesuai urutan kebutuhan barang-barang yang di butuhkan saat dijalan seperti air, cemilan atau jas hujan di taruh di tempat yang dekat agar ketika mengambilnya tidak perlu membongkar semua isi carier.
Selanjutnya beban perlengkapan dan makanan bukanlah sesuatu ang ringan jika anya di bawa oleh satu dua orang anggota tim pendakian Sobat Mlampah bisa membagi nya berdasarkan Beban barang di bagi rata atau berdasarkan kemampuan tenaga masing-masing. Kalau beban menjadi permasalahan bisa secara berbagi menggunakan Jasa porter

8. Mengetahui Riwayat Kesehatan

Bagi sebagian orang pernah merasakan sakit yang menjadi riwayat sebuah penyakit hal tersebut sangat penting di ketahui sehingga persiapan tambahan berupa obat-obatan bisa di tentukan. Terlebih penyakit yang ada hubungan dengan pernafasan seperti Asma atau yang menyangkut organ dalam seperti Jantung

 9. Kebutuhan Jasa

Jasa pendakian gunung sangat bervariasi dan Sobat Mlampah bisa menggunakannya 
sesuai kebutuhan
Jika Sobat Mlampah butuh agar pendakian tidak terbebani bisa menggunakan jasa porter.
Baca Juga :
Jika Sobat butuh Pemandu untuk menemani sepanjang perjalanan Maka soat bisa menggunakan jasa guide. Baca Juga

Dan jika Sobat menghendaki mendaki tanpa harus ribet ini dan itunya sobat bisa memanfaatkan
Paket pendakian gunung
☞. Privat Trip Gunung Merbabu  Paket Eksekutif, Paket Bisnis, Tektok

Untuk Tips saat pendakian silakan baca ☞. Tips Saat Pendakian





Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call