Porter Gunung Sumbing Via Gajah Mungkur - Blok Abjad

 Porter Gunung Sumbing via Gajah Mungkur.

Porter Gunung Sumbing Via Gajah Mungkur juga membantu informasi transportasi, fasilitas BC, track pendakian mulai kondisi jalur, lama waktu pendakian

Basecamp Gajah Mungkur.

Porter Gunung Sumbing via Gajah Mungkur - Gajah Mungkur adalah nama salah satu Basecamp Gunung Sumbing yang kami menjulukinya sebagai The Savanna of Mount Sumbing sebab track Gunung Sumbing via Gajah Mungkur ini dominan dengan vegetasi terbuka berupa rerumputan yang menghampar.


Basecamp Gajah mungkur terletak di Desa Lamuk Kecamatan Kali Kajar Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu dari 3 kabupaten pemangku wilayah Gunung Sumbing yaitu Temanggung dan Magelang.

Di Basecamp  selain sebagai tempat registrasi juga terdapat tempat parkir, kamar mandi, tempat ibadah dan sarana informasi. biaya regsitrasi Rp.30.000, parkir motor Rp..10.000, parkir mobil Rp.20.000.

Untuk kebutuhan jasa silakan baca :

Porter Gunung Sumbing Via Gajah Mungkur

Drop Rp. 450.000

Menginap Rp 800.000

Summit    Rp 950.000

Selengkapnya >> Porter Gunung Sumbing.

Baca Juga >> 

Porter Gunung Prau

Porter Gunung Sindoro

Porter Gunung Merbabu

Sebagai panduan rute trasnportasi bisa memakai google map Basecamp Pemuda Mandiri Gajah Mungkur dan berikut Link Google Mapsnya.


Pendakian - Track- Estimasi Waktu.

Basecamp - Gapuro Rahayu

Mulai dari Basecamp melewati jalan di tengah desa Lamuk setelahmya jalan batu yang tersusun rapi dengan jarak 3 KM sampai Gerbang gunung yang di sebut Gapuro Rahayu berjarak sekitar 3 KM dengan waktu tempuh 20 menit ojek dengan tarif 30.000 atau jalan kaki dengan durasi 2 Jam.

Gapuro Rahayu - Pos 1 ( Sengaran)


Dari Gapuro Rahayu menuju Pos 1 Sengaran medan berupa variasi tanjakan tanah yang di beri penahan kayu di tepi anak tangganya juga beberapa track landai durasi tempuh sekitar 60 menit melewati Pos Bayangan bernama Tataran Mbujet.

Pos 1 (Sengaran) -  Pos 2 (Kazu sawa).


Pos 1 - Pos 2 Sumbing via Gajah Mungkur trcaknya relatif tidak terlalu jauh kondisi medan masih relatif sama dengan sebelumnya waktu tempuh sekitar 60 Menit. Di Pos 2 ini terdapat tempat mendirikan tenda. 

Pos 2 (Kazu sawa) - Pos 3 (Gajah Mungkur).


Medanya masih hampir sama dengan pos pos sebelumnya berjalan sekitar 30 Menit dari Pos 2 Sobat Mlampah akan sampai di Camp Area Watu Talang. selanjutnya lanjut ke track Pos 3 dengan waktu tempuh 1 Jam.

Catatan  : Sawa adalah nama jenis pohon dalam bahasa Lokal Wonosobo dan sekitarnya sehingga beberapa pos pendakian gunung ada yang menggunakan nama tersebut seberti Pos 2 Gunung Sindoro Via Ndoro Arum dan Pos 3 Gunung Sumbing Via Gajah Mungkur ini.

Pos 3 (Gajah Mungkur) - Pos 4 (Gelar Wangi).

Dengan vegetasi yang hampir full terbuka berupa track tanah menanjak sobat Mlampah akan sampai Camp Area terakhir yaitu Kandang Kidang dengan waktu tempuh 60 menit dari Pos 3.

Porter Gunung Sumbing

 Di camp area Kandang Kidang adalah tempat terluas untuk mendirikan tenda di banding pos pos sebelumnya sedikit berjalan menurun dari Camp Area Kandang Kidang sobat Mlampah akan mendapati sumber air yang berada di cekungan. Berjalan 90 menit dari Kandang Kidang sobat Mlampah akan sampai Pos 4 yang sebelumnya akan mendapati keindahan Padang Edelweiss. (Edelweiss Park)

Mendekati pos 4 Jalur berupa batu yang semakin terjal tepat di bawah Pos 4 pendaki akan mendapati  tali untuk pegangan saat naik ke Pos 4.

Pos 4 (Gelar Wangi) - Puncak Rajawali 3371 MDPL.

Selanjutnya perjalanan Pos 4 Gajah Mungkur ke Puncak Rajawali atau puncak tertingginya Gunung Sumbing sekitar 15 Menit dengan medan jalur berupa batu yang menanjak. Dari Puncak Sumbing sobat Mlampah akan melihat indahnya matahari terbit tentunya jika sudah berada di puncak juga lautan awan serta jajaran gunung gunung dari semua arah Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Lawu, Ungaran, Sindoro, Kembang, Prau, Bismo, Pakuwojo, Slamet, dan Ciremai

Porter Gunung Sumbing

Berikut ringkasan waktunya 

Basecamp-Gapuro Rahayu2 Jam
Gapuro Rahayu - Pos 11 Jam
Pos 1 - Pos 21 Jam
Pos 2 - Camp Watu Talang30 Menit
Camp Watu Talang - Pos 31 Jam
Pos 3 - Camp Kandang Kidang1 Jam
Camp Kandang Kidang - Pos 41,5 Jam
Pos 4 - Puncak Rajawali15 Menit
Total Waktu8,15 Jam

Catatan waktu hanyalah perkiraan saja sebagai referensi awal, kepastian di lapangan sangat di pengaruhi kondisi fisik mental pendaki itu sendiri, serta cuaca saat pendakian.

Sobat Mlampah ulasan kami tentang jalur Pendakian Gunung Sumbing kami cukupkan. mudah-mudahan bermanfaat.

Informasi Jasa Trip Gunung Sumbing.

Selain via Gajah Mungkur berikut bebrapa Jalur Pendakian Gunung Sumbing lainya
  • Cepit
  • Batur Sari
  • Sipetung
  • Garung 
  • Bowongso
  • Butuh Kaliangkrik
  • Adipuro
  • Mangli



Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call