Porter Gunung Merbabu Via Thekelan - Jalur Legend - 7 Puncak Merbabu

Porter Gunung Merbabu Via Thekelan

Porter Gunung Merbabu Via Thekelan - Salah satu jalur Merbabu adalah via Thekelan yang di sebut sebagai jalur legend karena menjadi jalur tertua pendakian Merbabu juga punya ciri khas 7 Summit Merbabu

Harga Porter Kondisi track dan estimasi Waktu Pendakian

Berikut adalah ulasan kami tentang jalur Thekelan

Harga Porter Gunung Merbabu Via Thekelan beban maksimal 20 Kg

Porter Drop Rp.550.000

Porter Menginap/Stay Rp.950.000

Porter Summit  Rp.1.100.000

Selengkapnya 👉Porter Gunung Merbabu

Baca juga       ðŸ‘‰ Guide Gunung Merbabu

Porter Plus berupa paket pendakian

More Info:

Lokasi Basecamp Thekelan berada di Dusun Thekelan Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, berbagai sarana seperti tempat parkir, kamar mandi dan toilet, ruangan serba guna, tempat registrasi juga kantin dengan menu cepat saji. Selain itu juga tersedia kebutuhan jasa.

Pendakian Merbabu Via Thekelan.

Basecamp - Pos 1

Perjalanan dari Pos Thekelan yang berada ditengah perkampungan penduduk, dimulai dengan melewati kebun penduduk dengan akses jalan sebagian beton dan jalan batu (makadam). Dari Basecamp sampai Pos 1 Sobat Mlampah masih bisa menggunakan jasa Ojek

Guide Gunung Merbabu

Di Pos 1 selain sebagai tempat pemberhentian ojek juga terdapat tempat yang cukup luas berupa shelter yang bisa juga di gunakan pendaki juga terdapat sumber air.

Pos 1 ➡ Pos 2

Berjalan sekitar setengah jam dari Pos 1 Sobat Mlampah akan memasuki gerbang Cendani.

Cendani merupakan penamaan lokal untuk bambu yang kecil-kecil ruasnya pun pendek di kisaran 10 CM saja, bahasa lokal lain dari bambu tersebut adalah Pringgondani. Bambu bambu cendani ini dulunya ditanam melingkari gunung dengan tujuan menjadi sabuk Gunung Merbabu.

Pos 1 ke pos 2 masih melewati jalan tanah yang menanjak berjarak kira-kira 877 Meter. dengan estimasi 1 jam 15 menit.  Di Pos 2 juga terdapat shelter atau seperti saung yang sudah terbuat dari bahan semi permanen tentunya biasanya dimanfaatkan oleh para pendaki. selain itu juga terdapat sumber air.

Pos 2 ➡ Pos 3

Beberapa menit dari Pos 2 perjalanan dilanjutkan dengan melewati tanjakan yang dibuat zig-zag untuk mengurangi tingkat kemiringan track sehingga memudahkan langkah. Berjalan 500 meter dari Pos 2 Sobat Mlampah akan sampai di lokasi yang bernama akasia kembar yang mana di situ terdapat dua pohon akasia yang ketinggian serta besar pohonnya mirip dan treknya melewati tengahnya dua pohon tersebut jadi mirip-mirip melewati sebuah gerbang

Beberapa menit dari akasia kembar sobat  sampai di Sabarnak 1 nama ini mungkin buat filosofi saja agar para pendaki sabar dan semangat melalui track tersebut. memang betul karena lazimnya terkenal dengan sebutan Sabana akan tetapi di Merbabu Via Thekelan ini di beri nama SABARNAK.

Setelah melewati Sabarnak 1 Sobat Mlampah akan ketemu akasia tunggal yaitu satu pohon akasia yang sudah besar akan tetapi kondisi saat sekarang sudah mengering karena dimakan usia. Kembali naik dari akasia tunggal melewati trek tanah yang cukup menanjak baru nanti Sobat sampai di SABARNAK 2.

Estimasi perjalanan menempuh jarak sekitar 1,1 km dengan waktu tempuh sekitar satu seperempat jam sampailah di Pos 3 yang berada di ketinggian 2361 MDPL

Di Pos 3 ini terdapat tempat Camp tetapi berada di tempat yang cukup terbuka yang secara otomatis risiko badai cukup tinggi akan tetapi berjalan beberapa meter dari Pos 3 ada tempat yang berada di cekungan perbukitan di dan pastinya lebih aman jika di gunakan untuk mendirikan tenda dari resiko terjangan badai

Pos 3 ➡ Pos 4

Dari Pos 3 menuju Pos 4 Merbabu via Thekelan (Lempong Sampan)akan melewati hutan mati yang merupakan bekas kebakaran di tahun 2018 akan tetapi sekarang ekosistemnya sudah mulai pulih dan sudah kelihatan hijau. jarak dari Pos 3 pos 4 sekitar 465 meter jarak total waktu tempuhnya sekitar 40 menit

Pos 4 ➡ Watu Gubuk (Puncak 1)

Pos 4 berada di ketinggian sekiktar 2847 MDPL. Dari dari pos 4 sobat melampah sudah mulai mendapati pohon edelweiss. Melewati tanjakan tanah dengan vegetasi yang terbuka Sobat Mlampah akan mendapati persimpangan yang satunya langsung menuju ke pemancar sementara yang satunya lagi atau tepatnya ke arah kiri masih melewati Puncak Watu Gubuk.

Dari Pos 4 menuju Watu Gubuk berjarak kurang lebih 711 meter dengan waktu tempuh 50 menit.

Puncak Watu Gubuk ini menjadi puncak pertama dari 7 Puncak Merbabu menuju puncak pemancar Sobat Mlampah akan milhat tebing Syarif yaitu tebing yang berada di bawah Puncak Syarif. Sobat Mlampah naik lagi sebelum sampai puncak pemancar sobat akan bertemu dengan tempat yang merupakan pertemuan jalur Cuntel dan jalur Thekelan di mana Kalau sobat berjalan dari arah atas nanti untuk ke Cuntel ambil yang sebelah kiri dan yang ke Thekelan ambil yang ke sebelah kanan.

Watu Gubuk ➡ Pemancar (Puncak 2)

Lanjut Sobat Mlampah akan bertemu puncak ke dua dari 7 Puncak Merbabu yaitu Puncak Pemancar di sini terdapat tower pemancar yang sekarang sudah tidak difungsikan lagi pemancar tersebut dulunya milik TNI yang dipergunakan sebagai pancaran sinyal radio atau semacam repeater besar, Sebelum namanya menjadi Puncak Pemancar dulu tempat ini dinamakan pos Watu Tulis

Perjalanan beberapa meter dari puncak pemancar akan ketemu semacam pelawangannya Gunung Merbabu di situ Sobat Mlampah bisa mendirikan tenda karena tempatnya di punggungan dan di kanan kiri tidak ada bukit yang melindungi tentunya ketika ada angin yang besar sangat berasa di tempat ini, akan tetapi spotnya juga sangat ciamik dikarenakan dalam satu tempat saja di Pelawangan Merbabu bisa menikmati sunset dan sunrise nya Gunung Merbabu

Berjalan beberapa meter dari Pelawangan Merbabu akan bertemu dengan sebuah tugu yang merupakan tugu perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang di tugu perbatasan tersebut juga Tempat bertemunya jalur antara Wekas dan Thekelan yang secara otomatis mulai dari Tugu Perbatasan ini 3 Jalur Gunung Merbabu Menuju puncak sudah menjadi satu jalur saja.

Pemancar ➡ Hellipad

Berjalan sekitar 200 meter dari Tugu Perbatasan Sobat Mlampah akan ketemu spot yang dinamakan Hellipad Sobat jangan salah ya hellipad di sini bukan tempat mendaratnya helikopter akan tetapi karena memang posisi tempatnya dan bentuk tempatnya yang kotak dan datar. Hellipad berada di ketinggian 2906 MDPL.

Hellipad ➡ Puncak Geger Sapi (Puncak 3)

Berjalan sekitar 265 Meter dari Hellipad sobat  akan bertemu pertigaan yang menuju jalur air dan langsung ke Puncak Kenteng Songo yang ke arah kanan dan yang ke arah kiri menuju puncak Geger Sapi, dihimbau untuk pendaki Merbabu yang mengambil air di tempat ini agar mengambil air sebelum Maghrib dikarenakan kalau ngambilnya malam-malam di khawatirkan bertemu dengan hewan-hewan di Gunung Merbabu yang mau memanfaatkan sumber mata air tersebut juga.

Lanjut naik dari pertigaan mata air melewati jalan bebatuan yang terjal  sampai puncak Geger Sapi ataupun Puncak ketiga dari 7 puncaknya Gunung Merbabu, Geger Sapi itu berada di ketinggian 3002 MDPL. Dinamakan Geger Sapi karena kalau terlihat dari jauh itu seperti punggung sapi di sebabkan memang setelah tanjakan yang terjal melewati Geger Sapi ada sedikit penurunan kontur track. Hellipad ke Geger Sapi berjarak sekitar 265 meter dengan estimasi waktu 30 Menit.

Puncak Geger Sapi ➡ Puncak Syarif (Puncak 4)

Berjalan beberapa menit dari puncak Geger Sapi akan bertemu percabangan jalan yang satu atau arah kiri menuju Puncak Syarif dan yang ke arah kanan menuju Puncak Kenteng Songo dan Puncak Ondo Rante juga Puncak Triangulasi

Dari puncak Geger Sapi menuju Puncak Syarif berjarak sekitar 495 meter dengan waktu tempuh 60 menit, Puncak Sari sudah ada di ketinggian 3137 mdpl

Puncak Syarif ➡ Puncak Ondo Rante (Puncak 5)

Berjalan beberapa menit dari Puncak Syarif Sobat Mlampah akan bertemu perempatan yang lurus ke Puncak Ondo Rante yang ke kiri langsung ke Puncak Kenteng Songo dan yang ke kanan adalah arah turun yang tembus ke sumber mata air

Puncak Ondo Rante ➡ Puncak Kenteng Songo (Puncak 6)

Dari puncak Ondo Rante untuk melanjutkan perjalanan ke Puncak Kenteng Songo harus balik arah ke perempatan sebelumnya, kemudian melewati jalan mlipir yang landai lalu menghadapi tanjakan yang cukup ekstrim yang bernama Tanjakan Setan sehingga sampai di Puncak Kenteng Songo.

Puncak Kenteng Songo ➡ Puncak Triangulasi (Puncak 7)

Puncak Triangulasi berada tidak jauh dari Puncak Kenteng Songo yang merupakapan titik terakhir pertemuan dari semua jalur baik itu Thekelan, Cuntel, Wekas, Suwanting dan Selo. dan setelah sampai Puncak gtrangulasi selesailah sudah 7 Puncak Gunung Merbabu. Beberapa gunung dengan berbagai ketinggianya turut menjadi bagian bonus pemandangan di puncak Merbabu yaitu Gunung Sumbing, Sindoro, Kembang, Prau, Slamet, Andong, Telomoyo, Ungaran, Merapi dan Lawu.

Salam Mlampah Salam Lestari.