Porter Gunung Merbabu via Cuntel

 Porter Gunung Merbabu Via Cuntel

Porter Gunung Merbabu via Cuntel Penjelasan harga jasa porter dan guide Gunung Merbabu juga basecamp pendakian Cuntel dan Informasi jalurnya.

Porter Gunung Merbabu via Cuntel, yang Basecampnya biasa di sebut Manggala merupakan Pendakian yang berada di desa Cuntel Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang 

Porter Gunung Merbabu via Cuntel Penjelasan harga jasa porter dan guide Gunung Merbabu juga basecamp pendakian Cuntel dan Informasi jalurnya.


Harga Porter Gunung Merbabu Via Cuntel

1.Drop    Rp.550.000

2.Menginap Rp.950..000

3.Summit Rp.1.100.000

Selengkapnya 👉 Porter Gunung Merbabu

Baca Juga       ðŸ‘‰ Guide Gunung Merbabu

More Info:

Basecamp Cuntel

Akses Transportasi

Untuk menuju Cuntel dapat di akses dari berbagai kota terdekat. dari Surabaya/Semarang bisa menggunakan bus jurusan Solo turun di Pasar Sapi Salatiga kemudian menggunakan mikro bus (bus kecil) dengan jurusan Ngablak/Magelang turun di Kopeng. Jika Sobat Mlampah mengakses dari Jabodetabek atau Jawa Barat Sobat dapat menuju jurasan Magelang (Terminal Tidar), setelahnya bisa menggunakan bus kecil jurusan Magelang- Salatiga dan turun di Kopeng. dan kalau Sobat Mlampah Menempuh dari Jogja dapat menggunakan bus Jurusan Yogya – Semarang turun di Magelang, kemudian pindah bus kecil Jurusan Magelang – Salatiga turun di Kopeng. Jarak dari Kopeng menuju Basecamp Cuntel sekitar 4 KM dengan waktu tempuh sekitar 15 menit bisa menggunakan mode charter atau ojek.

Bagi Sobat Mlampah yang menggunakan kendaraan pribadi dan melalui Tol Trans Jawa Sobat bisa keluar di gerbang Tol Tingkir di lanjutkan menuju Kopeng lalu ke Basecamp Cuntel

Fasilitas

Setelah sampai di Basecamp Cuntel Sobat Mlampah tidak perlu khawatir jika ingin istirahat dan semacamnya karena sudah tersedia tempat serbaguna (aula) yang bisa untuk berbagai keperluan termasuk istirahat dan nge-charger alat elektronik, juga terdapat kamar mandi dan toilet selain itu juga kantin dengan menu cepat saji dan untuk parkir kendaraan ada tempatnya, untuk membeli souvenir Merbabu juga tersedia

Baca Juga 👉 Gunung Merbabu Via Selo

Pendakian Merbabu Via Cuntel

Basecamp ➡ Pos Bayangan 1

Dari Basecamp perjalanan melalui track yang melewati lahan pertanian penduduk dengan kondisi track dengan kemiringan rata rata ringan hingga sedang, berjarak sekitar 354 Meter dengan waktu tempuh 30 Menit. sehingga sampai di Pos bayangan 1, di sini terdapat shelter yang tentunya sangat bermanfaat untuk sekedar istirahat atau makan dan minum dan canda tawa yang menjadi warna dari pendakian.

Porter Gunung Merbabu

Pos Bayangan 1 ➡ Pos 1

Berjalan 30 menit dari pos bayangan 1 Merbabu via Cuntel melewati medan tanah yang masih cukup bersahabat dengan lutut berupa vegetasi yang masih tertutup sobat akan memasuki Pos 1 (Watu Putut).dengan waktu tempuh sekitar 90 Menit.

Guide Gunung Merbabu

Pos 1 ➡ Pos 2

Dari pos 1 menuju ke pos 2 (Kedokan) track hampir sama dengan trek sebelumnya berupa truk tanah yang tanjakannya belum terlalu ekstrem berjarak sekitar 472 meter dengan waktu tempuh 40 menit.

Baca Juga 👉 Gunung Merbabu Via Suwanting

Guide Gunung Merbabu

Pos 2 ➡ Pos 3

Lanjut beberapa meter dari Pos 2 menuju Pos 3 masih melewati medan tanah dengan vegetasi yang tertutup akan tetapi setelahnya vegetasi di pendakian sudah mulai terbuka berupa rerumputan yang menjadi khas Gunung Merbabu pada umumnya yaitu sabananya

Guide Gunung Merbabu

Jarak dari Po2 ke Pos 3 (Kergo Pasar) sekitar 630 meter dengan estimasi waktu tempuh 60 Menit. Di Pos 3 terdapat tempat yang cukup luas untuk mendirikan tenda.

Pos 3 ➡ Puncak Pemancar

Melewati track tanah yang hampir sepenuhnya terbuka dengan kondisi medan dengan tanjakan yang cukup terjal berjarak sekitar 821 meter dengan waktu tempuh sekitar 70 Menit, sehingga samp[ai;ah Sobat Mlampah di Puncak Pemancar, berapa meter sebelum Puncak Pemancar merupakan pertemuan jalur pendakian Merbabu via Thekelan dengan Jalur Cuntel ini, berarti di Puncak Pemancar2 Jalurini sudah menjadu satu jalur menuju Puncak Merbabu.
Baca Juga 👉 Gunung Merbabu Via Wekas

Puncak Pemancar ➡ Puncak Geger Sapi 

Selanjutnya berjalan beberapa meter dari Puncak Pemancar Sobat Mlampah akan sampai di Pelawangan Merbabu, tempat menjadi best camp site karena dapat menikmati sunset dan sunrise dalam 1 tempat saja akan tetapi tempat ini sangat terbuka yang cukup beresiko jika terjadi badai. Seterusnya menuju puncak Geger Sapi Sobat Mlampah tugu perbatasan kabupaten Semarang dan Magelang di tugu tersebut juga Sobat Mlampah akan bertemu dengan jalur pendakian Merbabu via Wekas. Selanjutnya  akan melewati Pos Hellipad kemudian akan bertemu persimpangan jalur yang langsung lewat pos air langsung ke Puncak Kenteng Songo jalur tadi yang berbelok le kanan dan jalur yang ke kiri melewati Geger Sapi 

Naik dari jalur persimpangan tanjakan sudah semakin berasa berawal dari track tanah kemudian jalur berbatu yang terjal,Sampailah Sobat Mlampah di pos Geger Sapi. Perkiraan jarak tempuh dari Puncak Pemancar sampai Puncak Geger Sapi adalah 870Meter dengan waktu tempuh 55 Menit.

Baca Juga 👉 Gunung Merbabu Via Thekelan

Puncak Geger Sapi ➡ Puncak Syarif

Pendakian masih berlanjut dengan medan yang menanjak terjal sampai Sobat Mlampah akan menjumpai persimpangan yang ke kiri menuju ke Puncak Syarif dan yang ke kanan menuju ke Puncak Kenteng Songo dan juga Puncak Triangulasi

Puncak Syarif ➡ Puncak Kenteng Songo

Guide Gunung Merbabu

Turun dari Puncak Syarif Soobat lanjut ke Puncak kenteng Songo dengan melalu Tanjakan Setan ya memang tanjakanya cukup menyeramkan dari Puncak Syarif ke Kenteng Songo berjarak kurang lebih 528 Meter dengan waktu tempuh 45 Menit 

Puncak Kenteng Songo ➡ Puncak Triangulasi

Puncak Triangulasi berada sekitar 123 Meter dari Kenteng Songo tidak terlalu jauh memang juga dengan jalur yang sudah cukup ramah, dengan estimasi 10 Menit turun sebentar dari Kenteng Songo   lanjut menanjak sedang sampailah Sobat di Puncak Triangulasi.
Dari satu atau dari ke 3 Puncak Merbabu Puncak Syarif, Kenteng Songo dan Trianggulasi Sobat Mlampah akan bisa menikmati view dari berbagai sisi Merbabu, juga nampak jelas Gunung Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro, Kembang, Prau, Slamet, Lawu dan Merapi.

Demkian ulasan kami tentang Gunung Merbabu via Cuntel.

Salam Mlampah Salam Lestari.


Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call