Pendakian Gunung Sindoro Via Bedakah - Jalur Perawan - 7 Jam Pendakian.

Pendakian Gunung Sindoro Via Bedakah

Jalur Pendakian Sindoro Via Bedakah menawarkan kekhasan tersendiri dari berbagai eksotisme Gunung Sindoro seperti Gua Glonggong, Sabana, Kebun Teh .

       Basecamp Gunung Sindoro Via Bedakah berlokasi di Dusun Bedakah, Desa Tlogomulyo, Kecamatan Kertek, Wonosobo. Menjadi salah satu pilihan Sobat Mlampah yang akan melakukan Hiking ke Gunung Sindoro. Jalur Bedakah ini di kenal dengan jalur yang masih perawan, terbukti dengan adanya dedaunan rumput yang masih tumbuh menjuntai ke track. Juga selain kebun teh adanya sabana yang berlatar belakang puncak Sindoro menjadi nilai tawar tersendiri,

   Sobat Mlampah selain Basecamp pendakian Bedakah juga menawarkan obyek wisata lain berupa Telaga Bedakah yang bisa di kunjungi sebagai tambahan destinasi wisata.


Fasilitas Kondisi Medan dan Waktu Tempuh 

Basecamp Bedakah.

Fasilitas.

    Secara umum fasilitas dasar keberadaan sebuah Basecamp di Bedakah sudah tersedia semuanya, seperti tempat registrasi, ruang serba guna, alat peraga petunjuk larangan dan peraturan, kamar mandi, kantin, tempat parkir dan sarana ibadah.

Medan dan Estimasi Waktu.

Basecamp - Pos 1.

    Perjalanan awal dengan melewati Perkebunan Teh juga ladang pertanian dengan track jalan makadam relatif landai dan tanjakan sedang, sekitar 60 menit sampai pos bayangan, oh ya Sobat Mlampah dari basecamp sampi Pos Bayangan ini bisa juga menggunakan jasa ojek. Dari  Pos Bayangan masuk ke Gerbang Hutan sekitar 15 menit.

Jalur Pendakian Sindoro Via Bedakah menawarkan kekhasan tersendiri dari berbagai eksotisme Gunung Sindoro seperti Gua Glonggong, Sabana, Kebun Teh .

   Berjalan 10 menit dengan track yang masih relatif datar sampai di Cemara Lawang setelahnya akan melewati tumbuhan Glonggong (istilah lokal) yang menutup track dengan lubang di tengahnya seperti melewati goa, track tersebut mirip jalur Gunung Prau Via Igir Mranak. Dari Cemoro Lawang sampai pos 1 Kandang Tawon 15 Menit. 

Pos 1 - Pos 2.


  Perjalanan menuju pos 2 masih belum terlalu terjal berupa track tanah. sobat mlampah akan menyibakan rerumputan saat berjalan karena panjang rumput yang menjuntai ke track. pos 1 sampai Sabana 1 di tempuh 40 menit. di Sabana 1 jika musim penghujan Sobat Mlampah akan mendapat bonus view air terjun. Berjalan 15 menit dari Sabana 1 Sobat Mlmpah akan bertemu tanjakan yang cukup ekstrim yaitu Tanjakan Singsrong.


Tanjakanya yang curam kebanyakan pendaki sampai berpegangan tali untuk melaluinya.


Dari Tanjakan Singsrong menuju  Pos 2 Watu Pandang di tempuh dengan waktu 20 menit.

Pos 2 - Pos 3.


    Perjalanan dengan track tanah yang menanjak menjadi bagian Jalur Pos 2 Pos 3 Wulunggana dengan waktu tempuh kirang lebih 60 Menit. 

Pos 3 - Pos 4.


   Perjalanan Pos 3 - Pos 4 di awali perjalanan menuju sabana 2 yang merupakan Camp Area pendakian Gunung Sindoro Via Bedakah yang di tempuh dalam waktu 30 Menit.

   Di Sabana 2 ini Sobat Mlampah bisa mendiran tenda makan dan istirahat untuk memulihkan tenaga, baru besok harinya  perjalanan ke Puncak Sindoro.

 Pendakian ke puncak di awali dari camp area menuju Taman Kahyangan dengan track yang mulai menanjak dan di tempuh selama 30 menit Selanjutnya dari Taman Kahyangan menuju Pos 4 Kayu Emprit di tempuh dengan durasi 60 menit.

Jalur Pendakian Sindoro Via Bedakah menawarkan kekhasan tersendiri dari berbagai eksotisme Gunung Sindoro seperti Gua Glonggong, Sabana, Kebun Teh .

Pos 4 - Puncak.

     Setelah berjalan 45 menit dari pos 4 sebelum puncak Sobat Mlampah akan melewati Hutan Mati. Baru 15 menit kemudian sampai di puncak pertama yaitu Watu Pecah

     Berjalan 5 menit dari Watu Pecah akan sampai di Puncak Latar Ombo, Puncak Latar Ombo merupakan puncak yang berada di tepi kawah Gunung Sindoro.

Total waktu perjalanan dari Basecamp Bedakah sampai Puncak Sindoro 7 Jam.

   Suguhan Puncak Sindoro berupa Segara Pasir, Kawah dan kalderanya , juga pemandangan gunung yang ada di semua sisi baik timur, utara, selatan maupun barat. Gunung Sumbing, Kembang, Merbabu, Merapi, Lawu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Prau, Bismo, Pakuwojo dan Gunung Slamet.

   Demikian catatan kami tentang Jalur pendakian Gunung Sindoro Via Bedakah, semoga bermanfaat.

   Jika Sobat Mlampah membutuhkan informasi jasa penunjang pendakian Gunung Sindoro. 
Silakan baca :



Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call