8 Latihan Fisik Untuk Pendakian Gunung - Guide Gunung Sumbing

Pendakian Gunung

Hiking atau pendakian gunung adalah kegitan yang cukup menguras tenaga menjadi kegiatan outdoor yang terhitung berat, untuk itu membutuhkan persiapan fisik yang benar agar hiking bisa berjalan lancar, terlebih untuk yang belum memiliki pengalaman mendaki latihan fisik adalah mutlak di perlukan karena saat melakukan pendakian bisa jadi melakukan gerakan fisik seharian jadi tentu membutuhkan fisik yang prima dan energi ekstra. Jika tanpa persiapan yang cukup untuk mendaki gunung tentunya peluang keberhasilan mencapai puncak tertingginya satu gunung akan sangat minim, bahkan dengan fisik yang kurang terlatih tentunya selain menyusahkan diri sendiri akan berimbas menyusahkan teman pendakian Sobat semua. 


Latihan Fisik Sebelum Hiking

Berikut beberapa latihan yang bisa di lakukan sebelum naik gunung.

1. Berenang

Hiking merupakan kegiatan yang melibatkan semua anggota tubuh mulai dari gerakan badan sampai pernafasan  Berenang juga bisa menjadi latihan fisik terbaik sebelum melakukan pendakian. karena Sobat Mlampah dengan berenang akan melakukan  pernafasan serta anggota badan lainya secara bersamaan.

2. Lompat Tali 

Betis adalah bagian kaki yang harus kuat juga, untuk melatih kekuatan betis Sobat Mlampah bisa melakukan olahraga lompat tali selain bagian betis juga melatih kekuatan kaki secara keseluruhan.

3. Kardio

Kardio  adalah olah raga dengan gerakan berulang ulang yang di lakukan dalam waktu yang cukup lama  tujuan olahraga tersebut akan meningkatkan stamina dan menyetabilkanya, sehingga jalan kaki yang cukup lama dengan vairasi kesulitan medan dari sedang hingga berat dapat di lakukan dengan bauk, selain itu juga bisa melatih pernafasan agar ritmenya setabil tidak terlalu ngos ngosan. dengan olah raga ini juga tulang sendi akan menjadi kuat.

4.Step Up  

 Step Up adalah gerakan naik turun dengan memanfaatkan tangga atau semacam kursi kecil yang kuat, yang di lakukan secara teratur, lakukan selama 30 detik istirahat 30 detik terus ulangi selama beberapa kali latihan ini untuk menguatkan tubuh bagian bawah mulai kaki, paha depan serta engkel hal ini sangat bermanfaat saat SobatMlampah menghadapi tanjakan di gunung.

5. Pull Up 

Pull Up merupakan gerakan menggantung dengan kedua tangan pada gawang, kemudian beban tubuh di angkat ke atas, tujuan pull up untuk melatih bagian tubuh yang atas bahu, punggung dan lengan bagian tubuh ini akan bekerja ekstra dengan membawa perlengkapan memakai carrier bag.

6. Squat 

Latihan fisik lainnya yang dapat dilakukan sebagai persiapan mendaki adalah squat. Gerakan squat yang naik turun dengan tumpuan beban di kaki akan melatih kekuatan kaki dan paha juga bokong karena pendakian gunung merupakan perjalanan panjang yang pastinya membutuhkan kekuatan kaki yang memadai.

 

7. Heel Down 

Heel down bertujuan untuk meningkatkan kekuatan kaki dan otot, juga keseimbangan karena yang di lakukan saat melaukan olah raga ini adalah menaruh tumpuan pada satu kaki sementara kaki lainya lurus posisinya dan kaki yang menjadi tumpuan di gerakan naik turun dengan lutut yang di tekuk secara statis.

 8. Push Up 

Kekuatan tangan di perlukan juga saat andamelakukan pendakian gunung karena ada beberapa track yang sangat terjal sehingga saat mendakinya sambil berpegangan tali yang tentunya sebagian beban bertumpu kepada tangan, dan untuk melatihnya salah satunya dengan olah raga push up dengan ritme naik turun yang setabil menjadikan tangan sebagai tumpuan berat badan. 

Demikian olah raga yang untuk melatih fisik sebelum mendaki gunung, lakukanlah olah raga tersebut bebrapa waktu sebelum mendaki, seyogyanya memang di lakukan rutin untuk menjaga kesehatan di semua aktifitas termasuk mendaki gunung.

Salam Mlampah Salam Lestari

Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call