3 Jenis Porter Gunung Sumbing dan Guide Via Kaliangkrik

 Guide dan Porter Gunung Sumbing Via Kaliangkrik

Guide  dan Porter Gunung Sumbing

Porter Gunung Sumbing, Guide Via Kaliangkrik Butuh ( Nepal Van Java )

Porter dan Guide Gunung Sumbing adalah jasa yang sangat memudahkan saat pendakian baik itu meringankan barang bawaan juga menjadi teman sekaligus penunjuk jalan


Wisata gunung di prediksi meningkat oleh kemenparekraf di tahun 2024. Ada beberapa pilar utama di wisata pendakian gunung ini.Termasuk Gunung Sumbing yang memiliki Ketinggian 3371 Meter Dari Permukaan Laut(MDPL). Gunung Sumbing adalah salah satu gunung yang ada di Jawa Tengah yang menjadi tujuan favorit para penggemar ketinggian (orang yang memiliki hobi naik gunung) . Ada tiga pilar utama yang menjadi penopang langsung keberlangsungan kegiatan wisata pendakian ini yaitu pengelola Basecamp, porter Gunung Sumbing dan pemandu atau yang lebih familiar dengan sebutan guide Gunung Sumbing.

Stake holder Gunung Sumbing atau teman teman pengelola basecamp biasa terdiri dari orang orang yang sudah di latih untuk mengelola sarana penunjang seperti pelayanan administrasi, penyediaan tempat parkir bahkan sampai penanganan kondisi darurat yang terjadi saat pendakian. Di Gunung Sumbing ada beberapa bacecamp yang terletak di kaki gunung,baik sisi timur selatan maupun barat dari Gunung Sumbing tersebut, seperti Basecamp Mangli, Basecamp Adipuro,Basecamp Butuh (Nepal Van Java), Basecamp Bowongso. Basecamp Gajah Mungkur, Basecamp Garung dan ada beberapa Basecamp lainya.

Kami sebagai Provider yang mengoperasikan kegiatan pariwisata pendakian Gunung Sumbing dan gunung lainya terutama di Jawa Tengah. Usaha kami sudah memiliki ijin dari dinas terkait tentunya dengan pengalaman kami sudah memiliki tim yang profesional di bidangnya termasuk guide pendakian gunung. Untuk menggunakan produk jasa tentunya informasi tentang harga dan keunggulan adalah hal yang sangat di perlukan. Harga jasa tersebut  rata rata dengan minat  pendakian di Gunung Sumbing

 Di kalangan pendaki  ada beberapa cara untuk mendakinya berdasarkan waktunya saja.

Yang pertama ada yang lebih suka berjalan atau one day hike.biasanya one day hike atau yang lebih di kenal dengan sebutan tektok di lalukan mulai dini hari atau pagi hari langsung berjalan dari basecamp menuju puncak Gunung Sumbing 3371 MDPL.

Yang ke dua adalah 2 Hari satu malam. Pendakian dengan durasi ini yang paling sering di lakukan, hari pertama dari basecamp berjalan sampai camp area. hari kedua dini hari baru melakukam perjalanan ke puncak atau yang biasa di sebut summit attack. ada juga yang di hari pertama langsung summit attack turun lagi ke sunrise camp di lanjutkan istirahat terus besoknya lagi baru turun ke basecamp.

Yangke 3 adalah 3 Hari 2 malam. ini dalah perjalan paling santai hari pertama naik dari basecamp lalu istirahat di camp area lalu hari kedua summit attack terus turun ke camp area istirahat lagi di camp area baru besoknya di hari ke 3 mulai perjalan kembali k Basecamp.

Harga Jasa Guide Gunung Sumbing 

Guide one day hike/ tektok Rp.900.000,-

Guide 2 Hari 1 Malam Rp.1.100.000,-

Guide 3 Hari 2 Malam Rp.1.450.000,-

Porter Gunung Sumbing Kaliangkrik

Informasi Kompetensi Guide Gunung Sumbing Via Kaliangkrik.

 Guide kami adalah orang yang ber-pelatihan dan terlatih di bidang ke-pemanduan. sudah terbiasa menyiapkan sampai melaksanakan tugas pendampingan peserta wisata gunung. Karena guide itu adalah profesi maka akan di di laksanakan secara Profesional

Profesionalisme guide Gunung Sumbing kami di antaranya :

  •  Menyiapkan pendakian seperti membantu menyiapkan peralatan logistik sampai mengurus registrasi .
  • Guide melaksanakan pendampingan pendakian mulai dari mulai mendaki dari basecamp, saat di track pendakian sampai selesai pendakian. Saat di jalur pendakian Guide  bisa melakukan banyak hal, mulai menjadi penunjuk jalan menjelaskan kondisi jalur membantu dokumentasi. karena guide tahu persis spot foto yang bagus juga waktu pengambilan gambar yang baik.
  • Atitude yang baik juga penguasaan management darurat yang menuntut guide  mempunya sifat dan sikap yang adaptif dan responsif.
  • Dan poin penting lainyya dari seorang Guide adalah mempunyai peralatan sendiri yang memenuhi standart savety pendakian. jadinya untuk keperluan peralatan pribadi guide sudah menyediakan secara mandiri.

Porter Gunung Sumbing Via Butuh Nepal Van Java

Selanjutnya Selain Guide pelaku wisata di gunung adalah porter, tentunya ada timbul pertanyaan apa sih perbedaan antara guide  dan Porter ? Padahal kedua duanya sama sama menemani pendaki. Berikut adalah persamaan dan perbedaan antara guide dan porter Gunung Sumbing.

Persamaananya adalah di bidang :

  • Sumber informasi lokal.
  • Memiliki peralatan sendiri.
  • Tanggung jawab sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Dan perbedaan porter dan guide adalah :

  • Guide  mempunyai tanggung jawab langsung ke pesertanya sementara porter  tanggung jawab terbesarnya ada pada barang pendakinya.
  • Guide mempunyai tanggung jawab dari awal pendakian sampai selesai pendakian terhadap pendaki yang menggunakan jasanya sementara porter bisa di gunakan sesuai permintaan berdasarkan kebutuhan saja seperti Porter drop yang hanya mengantarkan barang sampai tempat camp saja.
  • Guide bertanggung jawab mengantar sampai puncak sementara porter hanya sesuai permintaan saja.
  • Berdasarkan tanggung jawabnya harga jasa guide  lebih mahal di banding porter.

Itu beberapa poin yang membedakan antara guide  dan Porter Gunung Sumbing 

Guide  dan Porter Gunung Sumbing adalah jasa penunjang wisata pendakian Gunung Sumbing 3371 MDPL yang di perlukan untuk membantu kesuksesan pendakian.

Selanjutnya untuk rincian dari jasa Porter adalah sebagai berikut

Rincian standar kerja

  • Beban maksimal porter Gunung Sumbing adalah 20 kg. Beban tersebut hanya milik pendaki yang menggunakan jasanya. Di luar beban perlengkapan milik porter.
  • Mambantu pasang dan bongkar tenda juga memasak untuk Porter yang menginap selain fungsi utama porter Gunung Sumbing yang menginap.
  • Membantu pasang tenda untuk Porter drop Selain membawakan beban pendaki naik sampai tempat camp.
  • Membantu logistik summit untuk Porter yang menemani summit selain membawa barang naik dan turun.

  • Membantu sesuai kemampuan Porter baik sebelum atau sesudah pendakian Gunung Sumbing

Harga Porter Gunung Sumbing  :

Porter Drop  Rp.450.000

Porter Menginap Rp.800.000,-

Porter Summit Rp.950.000,-

  Demikian rincian jasa guide dan Porter Gunung Sumbing.

Dan jika anda menghendaki pendakian tanpa harus repot menyiapkan logistik, peralatan, dan lainya anda bisa memesan paket private dari kami.

Untuk keterangan lebih lanjut juga pemesanan bisa menghubungi kami :

( Nurohmat )




Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call