Basecamp Ndoro Arum - Sindoro Route - Jalur Naga.

Gunung Sindoro Via Ndoro Arum.

Jalur Naga
Gunung sindoro Bukit Arum Gunung Kembang

    Basecamp pendakian Gunung Sindoro Via Ndoro Arum berada di Dusun Banaran Kayugiyang Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo. Penamaan Ndoro Arum sendiri di ambil dari dua tempat yaitu  Gunung Sindoro dan bukit Arum. Kalau dari posisi dusan Banaran kita akan melihat Gunung Sindoro, Bukit igir pundak, Bukit Arum dan Gunung Kembang secara sejajar. 



 Wonosobo adalah kota terdekat dari Basecamp Ndoro Arum. Berjarak kurang lebih 18 km. Dari Terminal Mendolo sekitar 30 menit bisa menggunakan ojek atau charter kendaraan. Berjarak kurang lebih 12 KM.

Baca juga : Transportasi Sindoro Sumbing.

Basecamp Ndoro Arum tempatnya relatif kecil di banding dengan Basecamp lainnya, akan tetapi tetap tersedia tempat istirahat, kamar mandi, tempat parkir juga sedikit keluar dari area Basecamp terdapat toko kelontong yang menyediakan logistik keperluan pendakian. Keunikan dari Basecamp Ndoro Arum yaitu sebuah larangan membawa daging baik mentah maupun matang, peraturan tersebut berdasarkan kearifan lokal di sana.

Biaya registrasi 30.000 dan biaya parkir Roda 2 Rp.10.000 dan Roda 4 Rp.20.000, -

Tracking Route Sindoro Via Ndoro Arum.

Kondisi Jalur dan Perkiraan Waktu Tempuh

Basecamp - Pos 1

Dari Basecamp menuju pos 1 merupakan track batu makadam yang melintas di antara ladang petani. Di sana kita akan mendapati tanaman jagung kentang daun bawang dan lain lain. Karena memang tanaman petani di lereng pegunungan itu komoditas sayur sayuran.  Di musim tertentu juga akan mendapati tanaman tembakau. Di track ini selain bisa di tempuh dengan berjalan kaki juga bisa di tempuh dengan menaiki ojek. sehingga sampailah Sobat Mlampah di Pos 1, yang diberi nama Ngrata, Di sisni sobat akan mendapati pohon pinus di lahan yang cukup luas bisa juga untuk camping ceria Lereng Sindoro atau sekedar main hammock. Dari Basecamp - Pos 1 berjarak 1,8 KM dengan waktu tempuh 1 Jam.


Pos 1 - Pos 2

Selanjujtnya, dari Pos 1 Ngrata menuju Pos 2 Kayu Sawa. yang berjarak 1,5 KM. Berjalan sekitar 20 menit melewati medan yang masih cukup landai di antara pohon pinus sobat Mlampah akan bertemu Pos Bayangan yang bernama Taman Ageng. 

Perjalanan di lanjutkan melewati jalur sempit yang berada di kanan kiri jurang sekaligus tempat yang menjadi icon Sindoro Via Ndoro arum yaiu Jalur Naga. 

Memang sekilas seperti lewat punggung Naga kalau di lihat dari kontur tracknya. setelahnya akan melewati tanjakan yang penuh kayu dan Sobat Mlampah akan sampai di pos 2. Estimasi waktu tempuh 1,5 Jam.

Pos 2 - Pos 3.

Selanjutnya, dari Pos 2 Kayu Sawa menuju Pos 3 Watu Putih.  Bebrapa menit berjalan Sobat Mlampah akan mendapati tanjakan yang cukup terjal bernama Tanjakan Mrongkol.

Jalur Naga

Sehabis itu ada sedikit bonus berupa jalan datar selanjutnya sampai di Pos Bayangan 3 sebagai salah satu tempat yang di rekomendasikan untuk mendirikan camp. tempatnya tidak terlalu luas tetapi lebih aman dari badai meskipun tidak mendapat view karena tertutup pohon. Lalu, dari Pos Bayangan 3 menuju Pos 3 Watu Putih sobat Mlampah dapat menempuh perjalanan sekitar Dari Pos 2 - Pos 3 dapat di tempuh dengan waktu kurang lebih 1 Jam dengan jarak 0,8 KM.

Pos 3 - Pos 4. 


Dari Pos 3 Watu Putih menuju Pos 4 Uci-uci sudah melewati vegetasi terbuka dan track yang menanjank panjang, melalui Pos Bayangan 4 yang terdapat tempat mendirikan tenda juga. Dari pos 4 Bayangan menuju Pos 4 ada lokasi yang namanya cukup menggelitik yaitu Tanjakan Mertua Galak


40 menit Dari situ sampailah di Pos 4. Durasi tempuh Pos - Pos 4 sekitra 1,5 Jam dengan jarak 0,6 KM.

Pos 4 - Puncak.


Dari pos 4 Menuju Puncak medan full vegetasi terbuka dengan tanjakan yang mendominasi, bahkan di beberapa spot terdapat tali untuk pegangan agar memudahkan melalu medan tersebut. Setelah berjalan 1,5 jam dari pos 4 sobat Mlampah akan sampai di Puncak sindoro. Begitu sampai puncak dari jalur Ndoro arum ini Sobat akan mendapati tempat yang orang lokal menyebutnya Petilasan Kyai Santri. Total waktu Tempuh Kurang lebih 6,5 Jam. ( waktu tersebut hanyalah perkiraan, kondisi stamina dan cuaca juga menjadi faktor penentu juga ).


Dan setelah nya sobat bisa mengelilingi puncak sindoro dengan melewati segara wedi melihat kaldera serta kawah sindoro juga gunung gunung di Jawa Tengah yang hampir semuanya kelihatan dari puncak Sindoro 3153 MDPL.

Jalur Naga


Demikian tulisan kami tentang jalur pendakian via Ndoro Arum. Semoga bisa di ambil manfaatnya. Terimakasih

Berikut informasi layanan jasa pendakian Gunung Sindoro. Silakan baca :



Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call