Pendakian Gunung Sumbing Via Sipetung

Gunung Sumbing via Sipetung

Sipetung adalah salah satu jalur pendakian Gunung Sumbing yang tembusnya di Puncak Kepala Singa (Watu Singa) yang bertemu dengan jalur Batur Sari.

       Basecamp dan Jalur Pendakian Sipetung.

      Jalur pendakian Gunung Sumbing via Sipetung terletak di Desa Jambu, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Lokasi Basecamp Sipetung dapat di akses dari berbagai kota terdekat seperti Kota Parakan Kabupaten Temanggung dan Terminal Mendolo Kabupaten Wonosobo.

     Dari semua arah bisa turun di gerbang Desa Jambu yang terletak tepat di tepi jalan raya Parakan Wonosobo KM 09 yang mana gerbang desa tersebut lokasinya sangat berdekatan dan hampir berhadap hadapan degan gerbang Wisata Posong Kecamatan Kledung. Wisata Posong adalah spot wisata alam untuk menikmati sunset dan sunrise dengan background pemandangan gunung.

     Jarak Basecamp Sipetung dari Gerbang Desa Jambu sekitar 500 meter ada petunjuk nya berupa tulisan yang ada di gerbang tersebut. Basecamp Sipetung juga di sebut Basecamp Green Grass Hiking Club.

     Sobat Mlampah meskipun Sipetung tak seramai Basecamp Garung maupun Butuh Kaliangkrik akan tetapi sarana prasana Basecamp berupa tempat parkir, tempat registrasi, kamar mandi dan lain lain sudah lengkap  tersedia.

Jalur Pendakian.

Basecamp - Pos 1

    Rute awal pendakian adalah dari Basecamp Pos 1 dengan melewati lahan pertanian menggunakan jalan yang berupa batu ukuran kecil hingga sedang yang tersusun rapi ( jalan makadam) di track tersebut pendaki juga masih bisa menggunakan jasa ojek. total perjalanan Basecamp - Pos 1 adalah 1,5 jam tanpa ojek, Jika menggunakan ojek sekitar 10 menit naik ojeknya dan dari Pos Ojek sampai Pos 1 kurang lebih 20 mnit. dari pos ojek Sobat Mlampah akan melewati jalur di antrara tumbuhan bambu bambu kecil (Pring Gondani, lokal). setelahnya melalu jalur di antara tanaman kopi diikuti jalur berupa pohon pinus, pohon pinus di sini memili batang yang cukup unik warnanya yaitu coklat kekuning kuningan. sehingga sampailah Sobat Mlampah di Pos 1.

Pos 1 - Pos Kyai Santri.

     Perjalanan Pos 1 menuju Kyai Santri melewati jalur tanah yang di berada di antara semak belukar yang cukup lebat, dengan kondisi jalur datar hinga tanjakan sedang lama waktu tempuh sekitar 1 Jam. Oh ya Sobat Mlampah Pos Kyai Santri ini Merupakan Pos 2 dari Jalur Sipetung sebelum nantinya ketemu Pos 2 yang dari jalur Batur Sari

Pos Kyai Santri - Pos 2.

   Selanjutnya dari Kyai Santri ke Pos 2 medan masih berimbang dengan track sebelumnya. dari Pos Kyai Santri perjalanan menuju Pos 2 ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit.

Pos 2 - Selanjutnya.

    Di Pos 2 merupakan pertemuan jalur antara Batur Sari dan Sipetung  untuk Kondisi Pos 2 ke atas Sobat Mlampah Bisa membaca :

.👉. Pendakian Gunung Sumbing Via Batur Sari.

  Berikutnya adalah tips mendaki Gunung Sumbing Via Sipetung. mengingat di awal track melewati jalur yang cukup rapat selain peralatan pada umumnya ada 2 hal yang harus di perhatian

1.Gunakanlah celana dan kaos lengan panjang untuk melindungi kulit dari rumpt-rumput yang berdaun tajam.
2.Gunakanlah Lotion dan sejenisnya untuk mengurangi serangat lalat terutama pas transisi musim seperti habis kemarau menuju musim hujan.

     Selain Dari Sipetung dan Batur Sari Sobat Mlampah juga bisa melakukan pendakian Gunung Sumbing dari beberapa jalur berikut.

👉. Jalur Pendakian Garung.
👉. Jalur Pendakian Butuh Kaliangkrik.
👉. Jalur Pendakian Mangli kaliangkrik.
👉. Jalur Pendakian Adipuro Kaliangrik.
👉. Jalur Pendakian Bowongso.
👉. Jalur Pendakian Gajah Mungkur.
👉. Jalur Pendakian Cepit. 

Informasi Jasa :


Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call