Jalur Pendakian Gunung Sumbing Via Cepit, Bulu, Temanggung.

Gunung Sumbing Via Cepit.

Porter Gunung Sumbing

Jalur Pendakian Via Cepit.

Cepit adalah nama Basecamp Pendakian Gunung Sumbing yang berada di Cepit, Pagergunung Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Basecamp Cepit dapat di akses dari semua jurusan menuju kota kecil bernama Parakan tepatnya di sebelah rumah sakit Ngesti waluyo terdapat persimpangan yang menuju Basecamp Cepit. Sobat Mlampah kian hari Basecamp Cepit juga kian berbenah sehingga semua standart dasar adanya sebuah Basecamp sudah terpenuhi seperti ruangan serba guna, tempat parkir dan tempat registrasi.

Jalur, Jarak dan Estimasi Waktu.

Basecamp ➡ Pos 1 (Aula).

Pertama melewati jalur kaspal meskipun tidak terlalu lebar perjalanan berlanjut melewati ladang pertanian di lanjutkan bertemu gardu pandang atau pos pantau (pengamatan) lalu sampai pangkalan ojek habis itu Sobat Mlampah akan masuk Pos 1 Aula sesuai namanya di pos Pos 1 memang terdapat Aula yang bisa di gunakan untuk berteduh dan istirahat. Durasi waktu dari  Basecamp sampai pos 1 90 Menit dengan jarak 2,5 KM. Di sini obat Mlampah dapat memangkasnya dengan menggunakan ojek. Pos 1 berada di ketinggian 1803 MDPL 

Pos 1 (Aula) ➡ Pos 2 (Sondho).

Lanjut perjalanan dari Pos 1 Gunung Sumbing via Cepit menuju Pos 2 dengan melewati vegetasi yag tertutup yang di dominasi rerumputan dan pohon Akasia melintasi track  yang berupa tanah serta bebatuan kecil yang cukup menanjak. Sobat Mlampah Pos 2 berada di Ketinggian 2098 MDPL dari Pos 1 berjarak 900 meter  dengan waktu tempuh 90 Menit.

Pos 2 (Sondho) ➡ Pos 3 (Lamtoro).

Jalur dar Pos 2 ke Pos 3 masih relatif sama dengan sebelumnya, dengan panjang jarak 800 Meter perkiraan waktu pendakian 75 Menit. Pos 3 berada di ketinggian 2362 MDPL. Di Pos 3 terdapat tempat untuk mendirikan tenda selain itu jug terdapat shelter.  

Porter Gunung Sumbing

Pos 3 (Lamtoro) ➡ Pos 4 (Sejengking).

Sobat Mlampah pendakian di lanjutkan menuju Pos 4. dengan medan seperti sebelumnya nantinya Sobat akan mendapati  persimpangan antara jalur baru dan jalur lama. Jalur lama melewati bebatuan di awali batu yang seperti anak sungai yang biasa di sebut Sebrangan yang lumayan licin Adapun yang melewati jalur baru dominan tanjakan tanah padat di antara pepohonan. Hingga sampailah di Pos 4 yang terdapat tempat untuk mendirikan tenda. Jarak Pos 3 - Pos 4  800 meter waktu tempuh 60 Menit.  Lanjut naik dari pos 4  terdapat sunset dan sunrise spot berupa area terbuka yang bisa untuk menikmati pemandangan.

Porter Gunung Sumbing

Pos 4 (Sejengking) ➡ Pos 5 (Watu Lawang).

Seterusnya perjalanan menuju Pos 5 sudah di dominasi vegetasi terbuka dengan sabana sebagai pemandanganya tracknya pun kian terjal sebelum sampai Pos 5 akan bertemu jalur pendakian Gunung Sumbing rute Dukuh Seman. Panjang Track Pos 4 - Pos 5 yaitu 900 M dengan perkiraan waktu tempuh 60 Menit. Nama lain dari Pos 5 selain Watu Lawang yaitu Segoro Wedi yang berada di ketinggian 3133 MDPL.

Porter Gunung Sumbing

Pos 5 (Watu Lawang) ➡ Puncak Rajawali

Etape terakhir Sobat Mlampah adalah menuju puncak tertinggi Gunung Sumbing berjarak 790 meter dari Segara Wedi Sobat Mlampah akan melewati kawah Gunung Sumbing di ketinggian 3.324 MDPL lanjut melewati track batu untuk naik ke Puncak Rajawali dan dengan perkiraan waktu tempuh 60 menit dari pos 5 Sampailah Sobat Mlampah di 3371 MDPL.

Porter Gunung Sumbing


Dari Puncak Sumbing Sobat Mlampah akan di suguhkan pemandangan nan indah serta beberapa gunung bisa terlihat secara sejajar seperti Gunung Merbabu, Merapi, Lawu, Andong Telomoyo Ungaran dan di sisi lain ada Gunung Sindoro, Kembang, Prau, Slamet, Bismo, Pakuwojo.

Table Ringkasan Waktu.

Basecamp - Pos 11,5 Jam
Pos 1 - Pos 21,5 Jam
Pos 2 - Pos 31,15 Jam
Pos 3 - Pos 41 Jam
Pos 4 - Pos 51,5 Jam
Pos 5 - Raja Wali1 Jam
Total Waktu7,45 Jam

  Catatan waktu tersebut hanyalah perkiraan saja karena stamina dan cuaca saat pendakian juga sangat mempegaruhi. dan waktu untuk turun biasanya 2/3 nya waktu saat Sobat Mlampah naik.

Informasi Jasa :


Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call