Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Alang Alang Sewu - Basecamp Pajero

 Jalur Pendakian Gunung Sindoro.

Basecamp Alang Sewu.

      Gunung Sindoro kami juluki dengan Puncak View 12 Puncak. Dan salah satu gerbang menuju 3153 MDPL adalah Via Basecamp Alang Sewu yang berada di Dusun Anggrunggondok, Desa Reco, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.  Pengambilan nama Alang Sewu ini berdasarkan pada jalurnya yang mana rumput Ilalang (Jawa: Alang Alang) banyak terdapat di sepanjang jalurnya. Basecamp Alang Sewu ini juga familiar dengan sebutan Pajero. berada di ketinggian 1359 MDPL.

    Basecamp Alang Sewu dari segi bangunan cukup unik di banding Basecamp Gunung Sindoro lainya karena bernuansa klasik seperti bangunan ala ala jaman dulu. 

Transportasi.

     Akses kendaraan umum berupa terminal terdekat adalah terminal Mendolo Wonosobo dari terminal Mendolo bisa di lanjutkan menggunakan kendaraan umum jurusan Temanggung/Magelang dan turun di Pasar Desa Reco. Kemudian menuju dusun Anggrunggondok sekitar 100 Meter, karena memang lokasi basecamp tidak terlalu jauh dari jalan raya Wonosobo - Parakan. Untuk kendaraan pribadi yang menggunakan akses tol trans Jawa Gerbang tol terdekat adalah Weleri di lanjutkan ke arah Sukorejo terus Ngadirejo Parakan dan ke Basecamp Alang Sewu 

Fasilitas Bc Alang sewu

Tempat Parkir

    Sobat Mlampah jika bawa kendaran pribadi baik mobil maupun motor jangan khawatir karena selain di depan Basecamp sebagai tempat parkir utama di sebelah Basecamp juga terdapat tempat yang cukup luas sebagai kantong parkir cadangan. dan biaya parkir motor 10.000 Mobil. 25.000

Kantin.


     Menempati sebelah belakang tempat registrasi terdapat tempat makan dengan ber menu fast food.

Kamar Mandi.

    Kamar mandi posisinya di arah belakang ruangan serba guna ada beberapa kamar mandi yang tersedia

Ruangan Serba Guna.

    Konstruksi bangunan memiliki bangunan lantai dua jadinya terdapat ruangan yang cukup luas bahkan sampai menampung 200an pendaki dalam 1 waktu. selain untuk istirahat juga terdapat tempat charger yang cukup banyak.

Tempat Registrasi.

    Proses registrasi berupa pengecekan barang bawaan pendakian, brifing dan membayar biaya registrasi satu orang 30.000, selain itu juga tempat tersebut menjadi media informasi bagi para pendaki. termasuk tata tertib serta aturam kearifan lokal di sana. kearifan lokal yang ada di sana diantaranya adalah wanita yang sedang datang bulan hanya di perbolehkan mendaki maksimal sampai Pos 3 saja.

👉 Layanan registrasi dibuka setiap hari 

  • Pagi Jam 07.00 - 11.30 
  • Siang Jam 13.00 - 17.30.
  • Malam jam 19.30 - 22.00

Kebutuhan Jasa.

Jalur Pendakian dan Estimasi Waktu.

Basecamp ➡Batas Vegetasi.

    Pendakian dari Basecamp berawal melewati beberapa rumah di dusun Anggrunggondok di sambung jalan makadam yang melewati lahan pertanian hingga memasuki Batas Vegetasi (Pintu Rimba) jalan masih relatif enak di lalui. Di track tersebut Sobat Mlampah juga bisa memanfaatkan ojek dengan biaya 25.000

Ada 3 keuntungan memakai ojek

1.Hemat Waktu
2.Hemat Tenaga 
3.Turut menggerakkan ekonomi warga lokal

Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 Jam Lebih Sobat Mlampah sampai di Batas Vegetasi. 

Batas Vegetasi ➡ Pos 1.

     Di Batas Vegetasi terdapat gerbang juga terdapat shelter yang di manfaatkan selain oleh Abang ojek saat menunggu pendaki turun juga pendaki boleh singgah di situ. 


   Perjalan di lanjutkan  pos 1 dengan track tanah yang di pasangi kaya di tepi anak tangganya sehingga mempermudah untuk di lalui tidak licin dan track tidak mudah tergerus oleh air hujan. Berjalan beberapa menit dari Batas Vegetasi Sobat Mlampah akan mendapati patok 1 (Wiwitan) yang dalam bahasa Jawa adalah permulaan di jalur Alang Sewu terdapat 20 Patok dengan jarak acak karena memang Patok tersebut hanya sebagai tanda ketika pendaki masih menemukan patok tersebut berarti masih berada di jalur yang benar.


Waktu tempuh dari Batas Vegetasi sampai Pos 1 sekitar 20 menit. 


Pos 1 ➡ Pos 2.


    Pos 1 berada di ketinggian 1755 MDPL perjalanan ke Pos 2 melewati track tanah yang belum jauh berbeda dengan track sebelumnya, Sekitar pertengahan pos 1 pos 2 pendaki akan mendapati sumber mata air yang terdapat di jalur. Stake Holder dari teman teman Pajero sudah memasang pipa juga kran jadi kalau pendaki ingin mengisi air tinggal buka kran saja.


      Naik sedikit Sobat Mlampah akan mendapati Simpang Nggopitan sebagai persimpangan jalur pendakian dan tempat pengambilan mata air terakhir. dari jalur berjarak sekitar 100 meter dengan waktu tempuh 20 Menit Pulang Pergi. Lanjut naik ke Pos 2.


Pos 2 ➡ Pos 3.

        Sesampainya di Pos 2 Sobat Mlampah sudah berada di ketinggian 2062 MDPL. track tanah masih mendominasi jalur pos 2 pos 3 dan anak tangga yang di ada kayunya turun mewarnai nya. sebagian masih mendapati berapa bonus berupa track landai sebelum akhirnya Sobat Mlampah akan bertemu track yang cukup terjal menjelang Pos 3.

   Di pos 3 merupakan camp site terakhir sehingga terdapat tempat camp yang luas tempat pendaki mendirikan tenda untuk istirahat masak memasak dll. Pos 3 Sunrise Hunter di ketinggian 2370 MDPL, merupakan yang sepadan dengan namanya karena tempat tersebut cocok untuk hunting sunrise. Perlu Sobat Mlampah perhatikan ketika bertenda di Sunrise Hunter adalah alat masak logistik bahkan sampah untuk di gantung di pohon atau tempat tinggi dengan mininal 2 meter yang bertujuan untuk mencegah babi menyerang tenda karena memang babi mendekat sebenarnya bukan untuk menyerang akan tetapi untuk mencari makan.

Pos 3 ➡ Pos 4.


      Pos 3 - Pos 4 dapat di tempuh dengan estimasi waktu 1,5 Jam track di awali dengan vegetasi yang masih sedikit tertutup berupa tanah padat di antara pepohonan Lamtoro seterusnya berupa tanah yang campur bebatuan dengan keterjalan track yang cukup menguras tenaga dengan vegetasi yang mulai terbuka. Pos 4 sudah berada di ketinggian 2850 MDPL

Pos 4 ➡ Puncak

     Selanjutnya dari Pos 4 menuju puncak track kian menanjak dengan medan tanah dan bercampur batu seperti sebelumnya. beberapa melintasi batu besar, kondisi vegetasi terbuka sehingga saat angin kencang ataupun terik matahari sangat berasa di track ini. tapi pemandangan kian menakjubkan. Sekitar 30 Menit dari Pos 4 sudah memasuki track pasir dan batu dengan vegetasi yang terbuka itu tandanya puncak sudah dekat puncak selain itu pada kondisi tertentu juga bau belerang Kawah Sindoro juga sudah tercium, sehingga sampailah Sobat Mlampah Latar Ombo yang erupakan pertemuan jalur Kledung dan alang Alang Sewu. Puncak tersebut berada tepat di tepi di Kaldera Sindoro. Pos 4 - Puncak dapat di capai dalam waktu sekitar 1 Jam.

Jika masih ada tenaga yang cukup untuk mengelilingi puncak Gunung Sindoro Sobat Mlampah dapat melihat Segara Wedi tempat pasir yang luas sesuai namanya yang berarti lautan pasir. Untuk Eksplore Puncak Sindoro kurang lebih 1 jam waktu yang di butuhkan

Pemandangan 12 Puncak Gunung.

     Kegagahan Gunung Sumbing keserasian Merbabu Merapi  plus Andong Telomoyo serta Gunung Ungaran merupakan suguhan pemandangan sisi timur. Bonus Lautan awan jika beruntung. Dari sisi Barat puncak tertinggi Jawa Tengah Gunung Slamet terlihat jelas di iringi puncak Dieng Gunung Prau Pakuwojo Bismo. Bahkan ketika cerah Gunung Ciremai Jawa Barat pun kelihatan. Dari sisi lain Gunung Kembang pun ikut menyumbang.

Sobat Mlampah berikut ringkasan waktu pendakian gunung Sindoro via Alang Sewu

Basecamp - Pos 11,5 Jam
Pos 1 - Pos 21,5 Jam
Pos 2 - Pos 31,15 Jam
Pos 3 - Pos 41 Jam
Pos 4 - Pos 51,5 Jam
Pos 5 - Raja Wali1 Jam
Total Waktu7,45 Jam

Catatan waktu tersebut hanyalah perkiraan karene fisik pendaki dan kondisi alam juga sangat mempengaruhi, bisa jadi lebih cepat atau sebaliknya. 

   Waktu untuk turun biasanya 2/3 dari waktu yang di gunakan untuk naik.


Info Trip Gunung Sindoro





Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call