Gunung Sindoro Jalur Bansari.

Pendakian Gunung Sindoro.

Bansari salah satu Basecamp Resmi pendakian Gunung Sindoro. Karakter khas memiliki 6 Pos sebelum Puncak. Sementara Basecamp lain hanya 4 Pos.

Basecamp Bansari Temanggung.

(Mlampah Mlimpah Tour)

Gunung Sindoro via Bansari menjadi salah satu pintu masuk selain 6 Basecamp lainya. Bansari berada di Desa Bansari Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Gunung sindoro dengan ketinggian 3153 MDPL memiliki tipe strato merupakan gunung yang berbentuk kerucut. 

Gunung Sindoro terletak di Jawa Tengah tepatnya berada di 2 Kabupaten yaitu Temanggung dan Wonosobo..

Pos pendakian yang ada di kabupaten wonosobo :

Sementara yang ada di Kabupaten Temanggung :

Sobat Mlampah kali ini kami akan mengulas tentang Basecamp Bansari

Sarana.

Di Basecamp Bansari memang tidak terlalu ramai layaknya Basecamp Kledung akan tetapi fasilitas standart sebuah basecamp sudah cukup memadai seperti ruang serba guna, kamar mandi, kantin, dan tempat parkir juga Mushola. Begitupun kebutuhan jasa juga tersedia.

Baca juga :

Pendakian : Kondisi Track dan Estimasi Waktu.

 Sebelum pendakian sobat Mlampah tetap harus registrasi dengan mengisi administrasi yang di perlukan juga chek barang bawaan.

 Basecamp Bansari berada di ketinggian 1.071 MDPL sementara Puncak sindoro di 3153 MDPL berarti ada selisih elevasi 2.082 Meter. itulah perjalanan yang akan di lalui pendaki gunung Sindoro via Bansari.

Basecamp - Pos 1.

Jalur batu yang tertata rapi (makadam) adalah permulaan track dengan jarak sekitar 3 KM cenderung menanjak dengan kanan kiri ladang petani. Perkiraan waktu tempuh 1,5 - 2 Jam. jarak tersebut juga bisa di pangkas dengan ojek atau mobil pickup. dengan pertimbangan efisiensi waktu dan tenaga. Sampailah sobat Mlampah di Pos 1 yang bernama Sidempul yang berada di ketinggian 1.576 MDPL.



Pos 1 - Pos 2.

Route ini berawal dengan track yang masih cukup landai sampai sabrangan anak sungai yang biasanya mengering saat musim kemarau, jalur masih melewati track tanah yang di dominasi tanah liat jadi cukup licin jika pendakian di lakukan saat musim penghujan vegetasi masih tertutup di antara pohon Akasia dan Hutan Perdu serta berbagai jenis tumbuhan Endemik. Pos 2 ini bernana Turunan berada di ketinggian 1886 MDPL. Sobat Mampah jangan terkecoh dengan nama tersebut, meskipun namanya turunan akan tetapi ada track yang para pendaki menyebutnya Tanjakan Setan karena keterjalanya. durasi tempuh Pos 1 - pos 2 kurang lebih 1,5 Jam.

Pos 2 - Pos 3.

Kondisi medan dan vegetasi masih berimbang dengan sebelumnya, dengan waktu tempuh sekiktar 1 jam. Pos 3 bernama Tunggangan berada di ketinggian 2.171 MDPL. Terdapat shelter buat Istirahat selain itu Terdapat mata air di sekitar pos 3 yang berjarak kurang lebih 100 meter. Akan tetapi jika hujan turun tidak boleh mengambil air karena berada di aliran sungai yang cukup deras untuk alasan keselamatan.

Pos 3 - Pos 4.

Pos 4 bernama Bukit Soma berada di Ketinggian 2.171 MPDL Kondisi Jalur masih relatif sama dengan sebelumnya  dengan waktu tempuh kurang lebih 1 Jam.

Bansari salah satu Basecamp Resmi pendakian Gunung Sindoro. Karakter khas memiliki 6 Pos sebelum Puncak. Sementara Basecamp lain hanya 4 Pos.

Pos 4 - Pos 5

Pos 5 meruppakan pusat camp site pendakian Sindoro via Bansari kondisi track berupa tanah hitam dan akar tumbuhan. jika cuaca cerah sekitar pos 5 dapat di jadikan spot sunset dan sunrise dari pos 4 waktu tempuh sekitar 2 jam, berada di ketinggian 2.314 MDPL. Pos 5 bernama Mlelan.

Pos 5 - Pos 6.

Dari Pos 5 - Pos 6 mrupakan track awal pendaki yang melakukan summit attack, karena biasnya setelah berkemah besok paginya pendaki melanjutkan pendakian ke Puncak Sindoro. Medan berupa tanah liat dan bebatuan kecil vegetasinya dominan rerumputan dengan bunga Edelweiss di sela sela nya, awal track juga masih di dapati pohon Lamtoro. Pos 6 bernama Centhong dengan ketinggian 3.050 MDPL.

Pos 6 - Puncak.

Kondisi Track batu kerikil dan tanah padat Pos 6- Puncak Estimasi waktu tempuh 30 menit  dengan vegetasi pohon Cantigi dan Bunga Edelweiis sebagai tumbuhan khas puncak Gunung.



Puncak Gunung Sindoro dengan ketinggian 3153 MDPL merupakan puncak tertinggi ke 3 di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet dan Sumbing.


Bansari salah satu Basecamp Resmi pendakian Gunung Sindoro. Karakter khas memiliki 6 Pos sebelum Puncak. Sementara Basecamp lain hanya 4 Pos.


Puncak Gunung Sindoro sangat luas yang terdiri dari Kawah Sindoro, Segara Wedi (Lautan Pasir) dan beberapa puncak dari 7 Pos Pendakian Gunung Sindoro. Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Lawu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Prau, Bismo, Pakuwojo dan Gunung Slamet merupakan bonus view dari arah Timur dan Barat.

Sobat Mlampah demikian ulasan tentang pendakian Sindoro Via Bansari.

Jika Sobat Mlampah menghendaki pendakikan tanpa ribet. Silakan baca :

Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call