Gunung Sindoro Via Lereng Utara Basecamp Sigedang - Bonus View Kebun Teh dan Batu Raksasa

 

Gunung Sindoro Via Lereng Utara.

Perkebunan Teh Tambi menjadi bonus view pendakian Gunung Sindoro Via Sigedang selain view Batu Raksasa Lereng Utara juga Puncak Larasati.

    Puncak Larasati merupakan tempat tembus dari jalur pendakian Gunung Sindoro Via Sigedang. Di puncak Sindoro Selain puncak larasati terdapat beberapa puncak diantaranya  Puncak Kyai Santri dan Puncak Latar Ombo. 

   Sigedang nama satu Desa di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo di sana terdapat salah satu pintu masuk lereng Utara. 

Basecamp Gunung Sindoro Via Sigedang.

Basecamp Sigedang di kelilingi area kebun teh yang cukup luas jadi dari basecamp saja kita sudah bisa menikmati pemandangan daun teh yang menghampar. 

Guide Gunung Sindoro

Akses Transportasi.

 Wonosobo sebagai kota terdekat untuk menuju Basecamp Sigedang dari semua tujuan yang menggunakan mode transportasi umum berupa bus bisa turun di Terminal Mendolo setelahnya bisa menggunakan Micro bus jurusan dieng dan turun di  Pertigaan Tambi kemudian menggunakan jasa ojek menuju Basecamp Sigedang, begitu juga yang menggunakan kereta atau pesawat dari setasiun atau bandara menuju ke Wonosobo. Sahabat Mlampah yang menggunakan kendaraan pribadi  dan menggunakan akses Tol Trans Jawa bisa mengambil pintu Tol Weleri Berjarak kurang lebih 50 KM dengan waktu temp[uh sekitar 2 Jam.

baca juga : Travel danTransportasi Sindoro Sumbing.

Fasilitas.

Tempat Registrasi.

   Sebelum melakukan pendakian sudah menjadi kewajiban agar melakukan registrasi terlebih dahulu supaya terdaftar sebagai pendaki. Dengan mengisi keperluan administrasi seperti chek list barang bawaan dan identitas juga membayar Rp 30.000 dengan yang di peruntukan untuk Registrasi, Asuransi  dan Fasilitas Basecamp seperti charger dll. Layanan registrasi di buka jam 08.00 sampai jam 21.00. Untuk yang mau Tek tok sebaiknya melakukan registrasi sebelum Jan 21.00. Di tempat registrasi selain untuk pendaftaran juga sebagai tempat informasi yang di perlukan.

Tempat Parkir.

Di depan basecamp Gunung Sindoro via Sigedanh terdapat tempat parkir yang luas baik untuk roda 4 maupun Roda 2 dengan biaya parkir Roda 2 Rp.10.000, dan Roda 4 Rp.20.000,-

Penginapan.

Sahabat Mlampah yang memrlukan tempat istirahat sebelum mendaki selain di perbolehkan istirfahat di Basecamp juga terdapat penginapan dekat Basecamp Sigedang.

Kantin/Warung

Tepat di depan Basecamp terdapat warung plus view, sahabat Mlampah yang merasakan minum teh dengan view kebun di sinilah tempatnya.

Sarana Jasa

Di Basecamp juga terdapat sarana jasa seperti rental alat, Guide dan Porter.
Baca Juga : Porter Gunung Sindoro.
                    Guide Gunung sindoro.

Pendakian.

Basecamp - Pos 1 - Pos 2.

      Pendakian gunung Sindoro via Sigedang dari basecamp ke pos 1 sekitar 20 menit dan pos dari pos 1 ke pos 2  kurang lebih 120 menit mengikuti jalan setapak yang ada di kebun teh. Dari basecamp - Pos 2 bisa menggunakan jasa ojek atau mobil pickup jasa ojek Rp 50.000 dan mobil pickup di kisaran 150.000 - 200.000. Kalau kebetulan banyak barengan tentunya menggunakan pickup akan lebih hemat.

Guide Gunung Sindoro

     Di pos 2 terdapat saung yang cukup besar milik perkebunan Teh Tambi yang bisa di manfaatkan pendaki untuk istirahat atau makan juga suguhan view kebun teh semakin memukau.

Pos 2 - Pos 3.

  Menuju pos 3 masih melewati track tanah di antara akar akar tumbuhan teh hingga akhirnya sampai di Pintu Rimba yang merupakan Pos Bayangan yang di beri nama Patok Besi. Dari sini sanabat Mlmpah akan memasuki hutan di Sindoro via Sigedang ini di dominasi oleh pohon Kasiyah (nama lokal). Sebelum sampai Pos 3 (Sunrise Camp) Sahabat Mlampah akan mendapati Pos 3. Bayangan yang bernama Watu Tulis.

Guide Gunung Sindoro

   Dari pos 3 bayangan menuju pos 3 (sunrise camp) kurang lebih setengah jam, tanjakan kian menukik dengan melewati tanah berpasir di antara rerumputan. Di track ini mulai terbuka selain rerumputan hanya terdapat beberapa pohon Lamtoro.

Guide Gunung Sindoro

    Pos 3. ( Sunrise Camp)  di sinilah tempat yang rekomend untuk mendirikan tempat camp terdapat tempat yang cukup luas ada beberapa yang terbuka dan ada yang terletak di antara pohon Lamtoro 

Setelah camp dini hari kita akan melakukan perjalanan ke Puncak Sindoro dengan rute :

Pos 3 - Pos 4.

Dari pos 3 menuju pos 4 hampir full track terbuka dengan track tanah berpasir juga bebatuan. Pos 4 berada di antara batu batu besar, sesuai dengan nama Pos 4 yaitu Ladang Batu 1.

Ladang Batu 1 (pos 4) - Ladang batu 2.

Dari Pos 4 Menuju Ladang batu 2 Kurang lebih 40 Menit dengan melewati track tanah berkerikil juga bebatuan yang kian menanjak, tapi suguhan pemandangan kian indah.

Perkebunan Teh Tambi menjadi bonus view pendakian Gunung Sindoro Via Sigedang selain view Batu Raksasa Lereng Utara juga Puncak Larasati.

Ladang batu 2 - Sabana

Masih melewati tanjakan yang cukup terjal terlihat banyak bunga Edelweiss yang tumbuh di kanan kiri jalur. dengan waktu sekitar 40 menit sampailah di Sabana

Paket Privat Gunung Sindoro

Sabana - Puncak.

Sabana di Gunung Sindoro berbeda dengan tempat atau gunung lainya yang umumnya berupa hamparan rumput yang luas akan tetapi di sini juga di dominasi pohon pohon Cantigi. Sekitar 15 Menit sampailah di Puncak Larasati Gunung Sindoro Via Kledung.


Paket Private Trip Gunung Sindoro

Membutuhkan waktu sekitar 1 Jam untuk mengeksplor semua pincak Sindoro Kaldera kawah, Segoro Wedi, ada juga danau kecil (kubangan besar) yang terisi air saat musim hujan.

Arah timur terlihat view Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Lawu, Ungaran, Andong, Telomoyo. Sementara sisi barat Gunung Prau, Bismo, Pakuwojo, Slamet dan gugusan perbukitan.

Total waktu tempuh pendakian Gunung sindoro Via sigedang 6 - 7 Jam tentunya masing masing individu akan berbeda tergantung kondisi alam dan fisik.

Demikian ulasan kami tentang Basecamp Sindoro via Sigedang, mudah mudahan berguna.

Sahabat Mlampah Jika Menghendaki pendakian Gunung Sindoro tanpa harus mengurus segala sesuatunya silahkan pilih paket kami




Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call