Harga Porter dan Guide Gunung Sumbing Via Basecamp Garung

Harga Jasa Porter dan Guide Gunung Sumbing

Porter dan guide Gunung Sumbing dua element berbeda untuk mensukseskan pendakian sebab lebih memudahkan dengan memberikan kenyamanan dan keamamanan.

Gunung Sumbing via  Garung merupakan jalur yang banyak di minati oleh para pendaki 

GUNUNG SUMBING secara administratif terletak di tiga kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Temanggung Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang, Altitude 3371 Meter Dari Permukaan Laut  merupakan puncak tertingginya.

Gunung Sumbing merupakan gunung api aktif berdasarkan keterangan di halaman pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gunung Sumbing meletus terakhir di tahun 1730.Letusan terjadi di kawah puncak yang alirannya menuju bibir kawah yang terendah.

Lokasi Gunung Sumbing berdekatan dengan Gunung Sindoro banyak orang yang menyebut keduanya adalah gunung kembar karena dari bentuk nya yang hampir sama juga dari ketinggianya yang tidak begitu jauh berbeda. 

Dari manuskrip Bujangga Manik sebelum di namakan Gunung Sumbing ini dulunya bernama Gunung Sembung. Di mana sembung sendiri adalah nama salah satu tumbuhan yang banyak kita jumpai di berbagai gunung khususnya di Jawa Tengah.

Gunung Sumbing menjadi salah satu tujuan wisata pendakian yang cukup di minati oleh berbagai kalangan dengan berbagai latar belakang dan usia, sehingga seolah olah perbendaharaan pengalaman mereka belum lengkap kalau belum mendaki Gunung Sumbing. Menjadikan pendakian Gunung Sumbing sebagai salah satu agenda utama dalam rencana pendakianya.

Porter dan Guide Gunung Sumbing Via Basecamp Garung.

Kami hadir sebagai Provider yang menyediakan jasa porter dan guide dan paket pendakian berupa Private Trip dan Open Trip. Khususnya dari Basecamp Garung Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo, dan semua jalur pendakian Gunung Sumbing.

Perbedaan Porter dan Guide Gunung Sumbing.

 Sekilas seperti tidak ada bedanya antara porter dan guide,karena keduanya sama sama menyediakan pelayanan wisata pendakian, akan tetapi ada beberapa poin penting yng menjadi pembeda.

 Berikut poin poin penting yang membedakan antara Porter dan Guide .

>Tanggung Jawab

Tanggung Jawab Seorang Guide lebih besar daripada seorang porter karena langsung bertanggung jawab ke pesertanya sebagai tugas utamanya, dalam bentuk

  • Pendampingan .
  • Kenyamanan pendakian.
  • Kesuksesan pendakian dari semua aspeknya. 

 Sementara seorang porter  hanya bertanggung jawab terhadap barang nya saja. meski begitu tetap bertanggung jawab agar ;

  •  Barang  di bawa ke tempat tujuan ( tempat camp ) dengan utuh.
  •  Barang bisa di bawa ke tempat tujuan dengan dengan tepat waktu.
  •  Barang setelah sampai tempat tujuan sudah dapat di gunakan, seperti tenda yang sudah terpasang dan lain lain.
  • Barang di bawa turun kembali dengan utuh dan tepat waktu.

> Rencana dan eksekusi

Seorang guide bertanggung juga bertanggung jawab membuat perencanaan perjalanan mulai dari informasi yang di butuhkan penyusunan itinerary pendakian dan penyelarasan terhadap situasi di lapangan. Sementara hal tersebut tidak menjadi tanggung jawab seorang porter.

> Beban bawaan

Porter dengan beban maksimal 20 kg sementara guide biasanya hanya membawa barang barang yang di butuhkan di jalan meski begitu seorang guide  jika ada peserta yang kelelahan dan tidak mampu membawa bebanya sendiri untuk mensukseskan pendakian biasanya  membawakan beban peserta tersebut.

> SDM

Sumber daya manusia seorang guide biasanya lebih dari seorang porter berlatar belakang pada pendidikan , pelatihan, pengalaman dan eksekusi lapangan.

> Multi fungsi

Berdasarkan klasifikasi seorang guide lebih luas dari seorang porter karena guide bisa jadi porter tapi seorang porter belum tentu bisa jadi guide.

> Rasio 

Kebutuhan jasa guide dan porter memang menyesuaikan kebutuhan saja. Di mana dalam pendakian kebutuhan guide lebih sedikit di banding porter.Akan tetapi untuk benar benar merasakan kemudahan pendakian gunung Sumbing dengan cara peserta hanya membawa barang barang pribadi saja adalah sebagai berikut.

JUMLAH PESERTA GUIDE PORTER
2 - 3 ORANG 1 ORANG 1 ORANG
4 - 6 ORANG 1 ORANG 2 ORANG
6 - 8 ORANG 2 ORANG 3 ORANG
8- 10 ORANG 2 ORANG 4 ORANG

Dan untuk lebih memudahkan pendakian Anda tanpa harus memikirkan peralatan dan lain lain maka Anda bisa menggunakan jasa paket pendakian dari kami.


Porter dan guide Gunung Sumbing dua element berbeda untuk mensukseskan pendakian sebab lebih memudahkan dengan memberikan kenyamanan dan keamamanan.

Keuntungan menggunakan jasa guide dan porter Gunung Sumbing  antara lain :

  • Anda tidak perlu takut tersesat karena ada guide yang terus mendampingi
  • Beban pendakian Anda tidak terlalu berat karena barang sudah di bawakan Porter
  • Memperbesar peluang kesuksesan pendakian Anda 
  • Menjadi teman dalam perjalanan
  • Membantu mengurus semua keperluan pendakian
  • Menjaga semua barang Anda saat anda tidak berada di tempat camp
  • Membantu perekonomian Guide Gunung Sumbing dan Porter Gunung Sumbing


Harga Jasa Guide Gunung Sumbing

Selain berdasarkan spesifikasi di atas tarif atau harga sewa guide itu berdasarkan kebutuhan trip mempertimbangkan pengalaman kami ada tiga jenis orang yang mengunakan jasa kami yang pertama adalah mereka yang mendaki Gunung Sumbing tanpa berkemah, biasanya pendaki  berangkat pada dini hari atau pagi hari, dan terkenal di kalangan pendaki dengan sebutan Tek Tok ( One Day Hike ). Yang ke dua adalah mereka yang berkemah satu malam, di hari pertama mereka berangkat bermalam di tempat camp dan di hari ke dua summit di lanjutkan turun ke bacecamp. Dan yang ke tiga adalah meraka yang berkemah dua malam, hari pertama pendaki berangkat dan bermalam di sunrise camp hari kedua summit turun dari summit bermalam lagi di tempat camp, baru hari ke tiga pendaki turun kembali ke Basecamp Garung. Mempertimbangan 2 hal tersebut berikut rincian harga jasa guide Gunung Sumbing.

  • One day hike Rp.900.000,-
  • 2 hari 1 malam Rp. 1.050.000,-
  • 3 hari 2 malam Rp.1.450.000,-


Harga Sewa jasa Porter Gunung Sumbing.

Demikian halnya dengan guide harga jasa porter juga berdasrakan kebutuhan trip Anda. secara garis besar ada tiga macam porter. Yang pertama adalah porter drop naik, yaitu porter yang hanya membawa barang naik saja lalu porter tersebut turun setelah  menyelesaikan tugasnya seperti mendirikan tenda.  Yang ke dua adalah porter menginap ( 2 Hari 1 Malam ) tugas nya bertambah seperti menbantu memasak dan hal lain yang diperlukan, menjaga tenda juga barang barang pendaki dan besoknya packing kemudian turun. Porter menginap plus summit adalah porter yang full servis, mulai bawa barang naik membantu masak dll, di tambah lagi membawakan barang barang atau logistik yang di butuhkan saat summit. Dengan adanya 3 ( tiga ) macam porter tersebut, berikut rincian harga sewa jasa porter Gunung Sumbing Via Garung.

  • Drop naik Rp.450.000
  • 2 hari 1 malam Rp.800.000,-
  • 2 hari 1 malam plus summit Rp.900.000,-

Harga tersebut baik guide atau porter Gunung Sumbing terhitung dengan metting point Bacecamp Garung.

Harga berlaku sama untuk semua jalur pendakian Gunung Sumbing baik itu via Batur Sari, Bowongso, Gajah Mungkur, Butuh Nepal Van Java, Adipuro, Mangli, Cepit dan Sipetung juga basecamp lain yang di kehendaki.

Demikian penjelasan guide dan porter Gunung Sumbing dari provider kami 

                                                                              More Info and Reservasion :

    Nur Rohmat














Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call