Jalur Pendakian Gunung Sumbing 3371 MDPL via Basecamp Bowongso - Kondisi Jalur - Estimasi waktu - Jasa Porter

Pendakian Gunung Sumbing 3371 MDPL dan Jasa Porter, Guide, Private Trip.

Pendakian Gunung Sumbing via Basecamp Bowongso perkiraan waktu 7-8 Jam. Langsung tembus Puncak Rajawali dengan keunikan 7 (Tujuh) tanjakan penyesalan.

Jalur Pendakian via Basecamp Bowongso.

Bowongso adalah nama sebuah Desa di Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Bowongso sendiri menjadi salah satu pintu pendakian menuju Gunung Sumbing dengan Ketinggian 3371 MDPL. Nama Basecamp Bowongso sendiri mungkin tak sepopuler nama Basecamp Garung atau Butuh Kaliangkrik Nepal Van Java akan tetapi setiap jalur pendakian pastinya mempunyai keunikan masing masing, seperti Adipuro dengan hiden gym nya Blumbang Roto atau Butuh dengan Nepal Van Javanya, Bowongso sendiri cukup terkenal dengan nuansa kearifan lokalnya dan kopi Arabika khas Bowongsonya. Juga di sebut miniatur Gunung Rinjani dengan 7 tanjakan penyesalanya.

Tata tertib pendakian Gunung Sumbing via Bowongso seperti halnya Basecamp lain yaitu berupa hal hal yang menjadi standart savety pendakian dan hal hal yang berkaitan kearifan lokal. Dan tata tertib tersebut berdasar aturan dan larangan.

Dan peraturan di Basecamp Gunung Sumbing Via Bowongso diantaranya :
  • Melapor sebelum dan sesudah pendakian.
  • Membawa semua peralatan yang di butuhkan saat pendakian.
  • Beretika baik selama perjalanan.
  • Saling bekerja sama dengan tim.
  • Menghormati kearifan lokal yang ada.

Larangan di Basecamp Gunung Sumbing Via Bowongso di antaranya :
  • Masuk tanpa ijin.
  • Membawa Tisu basah.
  • Membawa musik box.
  • Buang Sampah sembarangan.

Akses Tranportasi dan Tempat Parkir.

Pendakian Gunung Sumbing via Basecamp Bowongso perkiraan waktu 7-8 Jam. Langsung tembus Puncak Rajawali dengan keunikan 7 (Tujuh) tanjakan penyesalan.



Untuk menuju Bowongso ada beberapa akses transportasi yang bisa di gunakan di antaranya :

Kendaraan pribadi

Jika Anda memggunakan kendaraan pribadi untuk Menuju Basecamp Gunung Sumbing via Bowongso dan Anda menggunakan akses jalan tol maka pintu tol tedekat adalah Bawen dan pintu tol Weleri. Dari pintu tol Bawen kurang lebih berjarak 70 KM dan bisa Anda tempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dan dari pintu tol Weleri berjarak kurang lebih 66 KM dapat di tempuh dengan waktu 2 jam. perbedaan waktu tempuh tentunya melihat kondisi jalan arteri yang di lalui.

Di Bowongso terdapat tempat parkir yang memadai untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Kendaraan umum

Akses paling mudah bagi Anda yang menggunakan transportasi umum adalah menggunakan Bus, dari berbagai kota asal bisa  mengambil jurusan Terminal Mendolo yang ada di Wonosobo. selanjutnya Anda bisa menggunakan mobil charter atau ojek untuk menuju Basecamp Bowongso.
Adapun bandara dan stasiun terdekat berada di Jogjakarta. Jadinya Anda yang menggunakan pesawat atau kereta bisa mengambil pemberhentian di Jogjakarta di lanjutkan transportasi darat.

Fasilitas Basecamp Bowongso.

Pendakian Gunung Sumbing via Basecamp Bowongso perkiraan waktu 7-8 Jam. Langsung tembus Puncak Rajawali dengan keunikan 7 (Tujuh) tanjakan penyesalan.


Basecamp Gunung Sumbing Via Bowongso  ini menyediakan sarana yang sudah cukup memadai diantaranya :
  • Tempat parkir yang luas.
  • Toilet dan kamar mandi yang bersih.
  • Aula untuk tempat istirahat packing dan lain2.
  • Homestay atau penginapan.
  • Ojek.

Waktu Tempuh

Berapa lama pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso?.

Sehubungan banyak yang bertanya berapa lama waktu tempuh pendakkian Gunung Sumbing via Basecamp Bowongso ini?. untuk total waktu tempuh nya itu kurang lebih 7-8 jam. Berikut rincianya :

  Dari basecamp menujuj pos 1 Anda bisa menggunakan jasa ojek sampai Parkiran Swadas. track ojek ini sama dengan track pendaki yang tidak menggnakan ojek atau berjalan kaki dari basecamp, yaitu melewati jalur makadam yang di antara lahan lahan penduduk, saat melewatinya Anda kan melihat bergai jenis tanaman yang ada di Bowongso ini seperti Kentang Worter Kubis Klembak dan pas musim musim tertentu juga Anda akan mendapati tanaman tembakau karena selain kopi Arabicanya Bowongso ini terkenal dengan desa atau daerah penghasil tembakau.
Pendakian Gunung Sumbing via Basecamp Bowongso perkiraan waktu 7-8 Jam. Langsung tembus Puncak Rajawali dengan keunikan 7 (Tujuh) tanjakan penyesalan.


 Dari parkiran Swadas ke pos 1 Anda akan melewati jalur tanah yang belum begitu menanjak, Anda akan bertemu pos atau tempat yang namanya Gardu Pandang di sini bisa melihat pemandangan berupa perkampungan yang berada di bawah, selain itu juga terdapat beberapa warung yang menyediakan kopi, gorengan, mi rebus dan menu cepat saji lainya. Selang sekitar 20 menit dari Gardu Pandang anda akan memasuki Pos 1 pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso ( Taman Asmara )
Dari basecamp sampai pos 1 memakan waktu kurang lebih 1,5 jam tanpa ojek atau 30 menit dengan ojek.
Dari Pos 1 ke Pos 2 track juga belum terlalu terjal jalur membelah track tanah yang kanan kirinya dominan rerumputan hijau sesekali kita akan merunduk karena melewati pohon tumbang. Sebelum sampai Pos 2 terdapat pos bayangan yang di beri nama Camp Plalangan. Tempatnya tidak begitu luas hanya muat sekitar 3 tenda saja ukuran sedang. Pos 1 - Camp Plalangan dapat di tempuh selama kurang lebih 30 menit. Sementara dari Camp Pelalangan Sampai Pos 2  ini, lama perjalanan sekitar 1 jam.

Pendakian Gunung Sumbing via Basecamp Bowongso perkiraan waktu 7-8 Jam. Langsung tembus Puncak Rajawali dengan keunikan 7 (Tujuh) tanjakan penyesalan.


Sampailah di pos 2 pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso yang bernama Bogel beberapa meter sebelum pos 2 kita akan mendapati sumber mata air yang bisa di manfaatkan untuk keperluan pendakian. tetapi pas musim kemarau sumber air tersebut akan mengecil, dan sebaikanya tanyakan dulu kepada petugas saat proses registrasi tentang eksistensi mata air tersebut. di Pos 2 bogel ini kita akan menjumpai tempat camp yang cukup luas. Pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso ini  selain di Camp Plalangan ada dua tempat yang di rekomendasikan untuk mendirikan tenda  yaitu di Pos 2 Bogel dan di camping site Gajahan. Di Pos 2 tempatnya lebih luas di banding di Camp Gajahan.

Dari Pos 2 menuju Camp Gajahan kurang lebih 1 jam, lalu lebih baik camp di Gajahan atau pos 2 ?
berikut  kami tulis sedikit ulasan tentang kelebihan dan kekuranganya :
 Mendirikan tenda di Pos 2 kelebihanya dekat dengan sumber air, tempat juga lebih minim dengan resiko terjangan badai. kekuranganya untuk summit jelas lebih jauh karena posisinya yang lebih rendah di banding Camp Gajahan. Dan jika mendirikan tenda di Camp Gajahan kelebihanya adalah pemandangan lebih bagus. Start perjalanan summit lebih dekat. Kekuranganya kebalikan dari mendirikan tenda di Pos 2 yaitu tempat sumber air Jauh dan resiko badai lebih tinggi di musim musim tertentu.

 Pendakian dari Camp Gajahan  track di dominasi tanah yang cukup terjal sehingga sampai Pos 3 Zoro dari pos 3 track sudah di dominasi track tanah dan bebatuan yang cukup terjal, Di perjalanan dari Pos 3 ke puncak juga di dapati Tanjakan PHP. bagaimana tidak PHP tanjakanya karena di kira sudah habis ternyata masih ada tanjakan lagi setelahnya. Di tanjakan PHP ini juga di sebut Jalur Purba.


Pendakian Gunung Sumbing via Basecamp Bowongso perkiraan waktu 7-8 Jam. Langsung tembus Puncak Rajawali dengan keunikan 7 (Tujuh) tanjakan penyesalan.

Dari pos 3 ke atas tracknya masih relatif sama yaitu track tanah berpasir dan berbatu. kita akan mendapati bentangan sabana juga beberapa bunga edelweeis. Sebelum sampai puncak Rajawali, akan melewati puncak bayangan terlebih dahulu. Setelahnya akan melewati turunan beberapa meter baru anda akan  kembali naik ke puncak tertinggi Gunung Sumbing 3371 MDPL. dengan melewati tangga batu dengan berpegangan tali webbing yang tersedia di sana. Dari puncak bayangan dan Rajawali dapat di saksikan Kaldera Gunung Sumbing  dan beberapa gunung  dari berbagai arah. Seperti Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Kembang, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Prau, Gunung Bismo, Gunung Pakuwojo dan beberapa gunung dan bukit lainya.

Pendakian Gunung Sumbing via Basecamp Bowongso perkiraan waktu 7-8 Jam. Dan langsung tembus Puncak Rajawali dengan keunikan 7 tanjakan penyesalan.



Berikut ringkasannya

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sumbing Via Basecamp Bowongso.

DARI MENUJU WAKTU TEMPUH
BASECAMP POS 1 1,5 JAM
POS 1 CAMP PLALANGAN 30 MENIT
CAMP PLALANGAN POS 2 1 JAM
POS 2 CAMP GAJAHAN 1 JAM
CAMP GAJAHAN POS 3 1 JAM
POS 3 PUNCAK
BAYANGAN
2 JAM
PUNCAK
BAYANGAN
PUNCAK
RAJAWALI
30 MENIT

Total waktu tempuh adalah 7,5 Jam.

Berapa lama waktu untuk turun Gunung Sumbing Via Bowongso ? biasanya waktu untuk turun menghabiskan 2/3 waktu kita naik jadinya kalau waktu kita naik adalah 8 jam maka waktu untuk kita turun adalah 6 jam. Dan Seterusnya.

Untuk lebih memudahkan perjalanan Anda kami buatkan

Estimasi Itinerary Pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso

Hari Pertama

Jam 06.00 Sampai basecam Gunung Sumbing Via Bowongso. Di lanjjutkan istirahat pacing registrasi dan ssemua keperluan sebelum mendaki.
Jam 08.30 Mulai Pendakian.
Jam 10.00 Sampai Pos 1 Taman Asmara
Jam 11.30 Sampai Pos 2 Bogel istirahat sejenak untuk ambil air dll
Jam 13.00 Sampai Camp Gajahan. di lanjutkan mendirikan tenda, dan acara bebas

Hari Kedua

Jam 01.30 Bangun dan persiapan summit
Jam 02.00 Mulai perjalanan Summit dari Camp Gajahan.
Jam 03.00 Sampai Pos 3 Zorro.
Jam 05.00 Sampai puncak bayangan
Jam 05.30 Sampai puncak Rajawali. Di lanjutkan menikmati puncak Gunung Sumbing.
Jam 06.30 Mulai perjalan turun.

Itinerary tersebut bersifat tentatif tergantung kondisi fisik cuaca dan penentu perjalanan lainya.



 Selain dari Bowongso pendakikan Gunung Sumbing juga bisa  melalui Basecamp Garung, Basecamp Batur Sari, Basecamp Gajah Mungkur, Basecamp Butuh Nepal Van Java, Basecamp  Adipuro, Basecamp Mangli dan beberapa bacecamp lainya.

Dan jika Anda menghendaki pendakian Gunung Sumbing tanpa harus repot menyiapkan peralatan dan lainya, Anda bisa memanfaatkan jasa paket pendakian Gunung Sumbing.
 Begitu juga jika Anda ingin mendaki Gunung Sumbing dengan tanpa membawa beban yang berat jasa porter Gunung Sumbing siap membantu Anda. Selain porter untuk menambah kenyamanan pendakian Anda jujga bisa menggunakan jasa guide Gunung Sumbing.

Jasa Porter, Guide dan  Paket Private Gunung Sumbing via Bowongso

1. Harga Porter Gunung Sumbing

Porter Naik (Drop)Rp.450.000,-
Porter Menginap (Stay)Rp.800.000,-
Porter Stay dan SummitRp.900.000,-

Selengkapnya >> Porter Gunung Sumbing


Tersedia juga :

☞. Porter Gunung Sindoro
☞. Porter Gunung Prau
☞. Porter Gunung Merbabu

2. Harga Guide Gunung Sumbing

Guide TektokRp.950.000,-
Guide Camp 2 Hari 1 MalamRp.1.050.000,-
Guide Camp 3 Hari 2 MalamRp.1.350.000,-

Selengkapnya >> Guide Gunung Sumbing

Tersedia Juga:
 ☞. Guide Gunung Prau
 ☞. Guide Gunung Sindoro
☞.  Guide Gunung Merbabu

3. Paket PrivateTrip Gunung Sumbing via Garung High Class

PesertaSatuanTotal
2 OrangRp.1.705.000Rp.3.410.000
3 OrangRp.1.455.000Rp.4.365.000
4 OrangRp.1.345.000Rp.5.380.000
5 OrangRp.1.295.000Rp.6.475.000
6 OrangRp.1.190.000Rp.7.140.000
7 OrangRp.1.185.000Rp.8.295.000
8 OrangRp.1.120.000Rp.8.960.000
9 OrangRp.1.085.000Rp.9.765.000
10 OrangRp.1.035.000Rp.10.350.000


Tersedia Juga :
 ☞. Paket Sindoro Premium Class
☞. Paket Merbabu Eksekutif Class
☞. Paket Prau Medium Class


4. Paket PrivateTrip Gunung Sumbing via Garung Middle Class



PesertaHarga/PackTotal
2 OrangRp.1.200.000Rp.2.400.000
3 OrangRp.905.000RP.2.715.000
4 OrangRp.775.000Rp.3.100.000
5 OrangRp.735.000Rp.3.675.000
6 OrangRp.720.000Rp.4.320.000
7 OrangRp.715.000Rp.5.05.000
8 OrangRp.710.000Rp.5.680.000
9 OrangRp.675.000Rp.6.075.000
10 OrangRp.645.000Rp.6.450.000


Tersedia Juga :
 ☞. Paket Sindoro Medium Class
☞. Paket Merbabu Busines Class
☞. Paket Prau Simple Class


More Info




Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call