Dusun Butuh Kaliangkrik Nepal Van Java

Nepal Van Java

Dusun Butuh Kaliangkrik Menjadi tujuan wisata di Kabupaten Magelang karena Nepal Van Java selain itu juga terdapat Basecamp Pendakikan Gunung Sumbing.

Nepalnya Pulau Jawa.

Dusun Butuh Kaliangkrik

Adalah Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Dusun dengan letak geografinya yang berupa tanah berundak dan terasering sehingga perumahan penduduk di Dusun Butuh berdiri dari tempat yang bawah sampai atas terlihat seperti Nepal pegunungan Himalaya. Seperti halnya di Garut Jawa Barat terdapat Swiss Van Java Di Dusun Butuh ini terkenal juga dengan Sebutan Nepal Van Java. Dusun Butuh Nepal Van Java ini menjadi desa tertinggi di Kabupaten Magelang dengan ketinggiian kurang lebih 1700 Meter dari Permukaan Laut (MDPL). tentunya dapat kita bayangkan dengan kondisi rumah rumah penduduk yang berundak undak yang berlatar belakang  Gunung Sumbing eksotisme pemandangan di sana adalah nilai tawar yang tak bisa kita tolak. Dan udara bersih  khas pegunungan yang segar serta keramah tamahan khas warga desa.dapat kita temukan di sini.

Dusun Butuh Nepal Van Java di huni kurang lebih 400 Kepala Keluarga yang  kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani, komoditas yang ada di sana seperti kentang, Klembak, Sawi, Daun Bawang serta sayuran lainya. Namun seiring semakin menggeliatnya pariwisata di dusun tersebut beberapa persen ekonomi warganya berasal dari pariwisata, baik itu pedagang, pengelola penginapan, penglola parkir, warung, ojek dan lainya. 

Semakin viralnya Nepal Van Java membuat Dusun Butuh kian hari kian bersolek penambahan dan perbaikan sarana prasarana yang ada mulai dari tempat parkir, penginapan, tempat makan dan sarana lainya juga semakin baik.

Selain bisa nikmati dari bawah, pengunjung Nepal Van Java juga bisa berkelliling Dusun Butuh karena kontur desa yang berada di kemiringan tentunya jalan di sana kebanyakan miring, tapi jangan khawatir karena di sana ada ojek yang siap mengantar anda untuk berkeliling Dusun Butuh tanpa harus lelah lelah jalan kaki, bahkan anda juga bisa singgah di tempat foto yang tentunya Instagramable, atau menikmati makan dengan view 360 derajat.

Di Dusun butuh ini selain terdapat Wisata Nepal Van Java juga bagi Anda yang mempunyai hobi pendakian gunung, di sini juga terdapat basecamp pendakian Gunung Sumbing yang di beri nama Symphony Sumbing, yang jalur pendakianya di sebut Jalur Sejati dan puncak Gunung Sumbing nya juga di beri nama Puncak Sejati. jadinya bisa dapat wisata Nepal Van Java juga wisata pendakian Gunung Sumbing nya dalam sekali jalan.

Dusun Butuh Kaliangkrik Menjadi tujuan wisata di Kabupaten Magelang karena Nepal Van Java selain itu juga terdapat Basecamp Pendakikan Gunung Sumbing.

Selain itu anda juga bisa mengunjungi situs bersejarah dari Dusun Butuh tersebut. Seperti makam sesepuh di sana juga ada mata air yang di bernama Sijago sebagian orang mempercayai mandi di mata air tersebut bisa menjadi lantaran terkabulnya keinginan.

Harga Tiket

Dusun Butuh Kaliangkrik Menjadi tujuan wisata di Kabupaten Magelang karena Nepal Van Java selain itu juga terdapat Basecamp Pendakikan Gunung Sumbing.

Harga tiket Nepal Van Java sebesar Rp.10.000,-/orang bila anda akan mengenakan jasa ojek untuk mengelilingi dusun Butuh biayanya sebesar Rp.20.000,-

Akses Jalan

Akses jalan menuju Nepal Van Java dari semua arah anda bisa menuju kota Magelang sebagai kota terdekat terus ke arah Kaliangkrik, setelah anda berada di Jalan Raya Kaliangkrik terus menuju ke pasar Gatukan, memang ada beberapa akses untuk menuju Nepal van Java Dari Jalan Raya Kaliangkrik, akan tetapi kondisi jalan yang paling enak di lalui karena kondisi jalan lebih lebar dan kondisi aspal masih mulus karena di akhir tahun 2023 ini sedang di lakukan pembangunan.

Tips Berkunjung ke Nepal Van Java.

Untuk mengunjungi Nepal Van Java ada beberapa hal yang harus di perhatikan, di antaranya adalah, 

  • Kondisi kendaran prima di karenakan jalur yang menanjak dan  berkelok. 
  • Waktu berkunjung di pagi hari karena kalau anda beruntung juga bisa dapat sunrise meskipun dinginya cuaca khas pegunungan juga akan anda rasakan. anda bisa datang ke Napal Van Java pada saat Subuh atau anda bisa menginap di sini karena sudah banyak tersedia penginapan, jika anda menginginkan untuk camping ceria, di sini juga banyak tersedia camping ground.
  • Selain itu persiapkan alat dokumentasi, bila anda memliki alat dokumentasi berupa drone sebaiknya jangan lupa di bawa karena keunikan dan kekhasan dari Nepal Van Java akan kelihatan maksimal juka anda ambil gambarnya pakai drone.

Demikian sekilas tentang Nepal Van Java. Mudah mudahan bermanfaat.


    More Info:


                                                                                       

Posting Komentar

0 Komentar

By Chat/By Call